Keunikan Motif Batik Pucuk Rebung Aceh dan Makna Motif

Keunikan Motif Batik Pucuk Rebung Aceh dan Makna Motif - Indonesia memiliki berbagai ragam jenis motif disetiap daerahnya. Motif Pucuk Rebung adalah salah satu dari ribuan bahkan jutaan dari  motif batik yang diproduksi oleh para pengrajin di Aceh. 

Keunikan Motif Batik Pucuk Rebung Aceh dan Makna Motif

Motif Batik tersebut memiliki makna filosofi kehidupan tersendiri bagi masyarakat Aceh yang mempunyai pengaruh Islam yang sangat kuat dengan ciri khas motif batik Aceh yang bertema alam dengan warna yang cerah.

Seni kerajinan motif batik atau ragam hias Pucuk Rebung berupa kain tenun panjang dengan bermotif Pucuk Rebung yang sarat dengan berbagai makna. Pembuatan kain motif Pucuk Rebung telah dikenal didaerah tanah Gayo sejak abad 18 akhir.

Makna yang terdapat pada seni hias kain tersebut yang berbagai macam motif melambangkan :
  • Bentuk motif segitiga adalah gambaran alam pegunungan yang subur yang penuh dengan bukit dimana motif tersebut tumbuh dan berkembang.
  • Pangkalan Pucuk Rebung melambangkan ideologi, agama serta adat kehidupan bermasyarakat. Pangkalan pucuk rebung didesain lebih lebar daripada ujung pucuk rebung.
  • Bentuk susunan berjajar melambangkan kepimpinan yang adil dan merata serta menyatu.
  • Rebung muda menggambarkan pertumbuhan generasi muda yang ditopang pangkal dan akar yang kuat (keluarga dan masyarakat).
Demikian ulasan Keunikan Motif Batik Pucuk Rebung Aceh dan Makna Motif . Dapatkan ulasan seputar kesenian lain yang terdapat di daerah Aceh juga seni budaya tradisional dan modern di Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel