Motif Dasar dan Makna Batik Besurek Ragam Hias Batik Bengkulu

Motif Dasar dan Makna Batik Besurek Ragam Hias Batik Bengkulu - Batik Bengkulu merupakan kesenian daerah yang berasal dari Bengkulu. Dari beberapa jenis kain batik yang terdapat di Bumi Rafflesia  terdapat  beberapa motif dasar yang dijadikan acuan dalam pembuatan batik Bengkulu. Batik yang tercipta dan berkembang di daerah Bengkulu terdapat ciri yang mendasar pada batik.

Motif Dasar dan Makna Batik Besurek Ragam Hias Batik Bengkulu

Batik yang terkenal di daerah Bengkulu adalah kain batik Besurek. Kain batik besurek adalah ragam hias batik asli daerah Bengkulu bermotif Kaligrafi Arab yang dikombinasi dengan rafflesia simbol khas daerah Bengkulu.

Motif kain batik Besurek adalah sebuah karya seni ragam hias batik Bengkulu yang bernilai tinggi yang artinya mempunyai surat atau tulisan yang terdiri dari berbagai macam ragam hias atau ornamen berupa tulisan huruf Arab dan motif - motif yang biasa digunakan pada batik daerah lain yaitu motif tumbuhan, binatang, anyam- anyaman dan ukir- ukiran.

Motif kaligrafi yang terdapat pada kain batik Besurek pada zaman dahulu merupakan motif  batik yang sakral karena terdapat huruf arab yang bisa terbaca yang menandakan hubungan manusia dengan Tuhan, sehingga kain ini dipakai dalam kondisi dan acara ritual keagamaan. Perkembangan kain Besurek kini dipakai dalam berbagai acara dan kondisi seiring karena adanya transisi dan perubahan zaman.

Motif - motif yang terdapat pada kain batik Besurek telah mengalami berbagai perkembangan dan perubahan. Berikut ini Motif - motif dasar kain batik Besurek dan fungsi kain Besurek :

  • Motif Relung Paku motif yang mengubah dari keadaan tumbuhan dan binatang Kain batik bermotif relung paku sering dipakai untuk upacara adat cukuran bayi.
  • Motif tumbuhan Bunga Rafflesia Arnoldi tumbuhan khas daerah Bengkulu. Motif tumbuhan bunga rafflesia merupakan salah satu dari motif utama kain Besurek setelah motif Kaligrafi.
  • Motif batik Burung kuau digambar mirip seperti burung Kuau, pada zaman dahulu motif jenis ini dipakai pada upacara pernikahan, juga dipakai untuk ziarah kubur.
  • Motif Rembulan bermakna bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Motif jenis ini dipakai untuk upacara pernikahan dan upacara siraman atau mandi.
Demikian Motif Dasar dan Makna Batik Besurek Ragam Hias Batik Bengkulu. Dapatkan ulasan ragam jenis kesenian yang berasal dari Bengkulu dan ulasan seputar seni budaya tradisional maupun modern beserta makna dan nilai budaya yang terkandung pada karya seni budaya Indonesia maupun seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel