Motif Batik Kawangsan dan Keunikan Corak Motif Kawangsan Banten

Motif Batik Kawangsan dan Keunikan Corak Motif Kawangsan Banten - Banten adalah sebuah daerah provinsi yang terletak di paling ujung barat pulau Jawa dengan berbagai jenis kesenian yang terdapat didaerah tersebut. Kesenian yang terdapat di Banten diantaranya: tari tradisional seperti bentang banten, grebeg terbang, alat musik tradisional dan banyak sekali kesenian yang terdapat di daerah Banten.

Motif Batik Kawangsan dan Keunikan Corak Motif Kawangsan Banten

Jenis kesenian lain yang terkenal adalah motif batik sebagai karya seni daerah yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Oleh masyarakat Banten seni batik merupakan kesenian yang di uri - uri sebagai identitas daerah.

Motif - motif batik yang terdapat didaerah tersebut adalah motif peninggalan sejak zaman kesultanan Banten yang meninggalkan benda - benda bersejarah dengan motif - motif yang beragam dan hingga kini motif - motif hasil karya zaman kesultanan Banten didesain pada kain batik.

Nama - nama motif batik yang terdapat didaerah Banten terdapat beberapa motif yang mengambil nama gelar salah satunya adalah motif kawangsan yang diambil dari nama gelar Pangeran Wangsa.

Motif Kawangsan Banten


Motif batik kawangsan dengan motif dasar belah ketupat dalam pengembangan motif tetapi motif dasarnya adalah bunga bergerigi. Warna dasar motif kawangsan berwarna biru, warna coklat digunakan pada motif daun dan coklat muda pada booh.

Keunikan Batik Banten
Keunikan batik Banten terdapat pada;
  • Motif : benda purbakala bangunan bersejarah atau benda  peninggalan sejarah kesultanan Banten.
  • Warna : Warna - warna lembut yang melambangkan karakter orang Banten dengan kemauan tinggi dan sederhana.
  • Filosofi : nama, motif dan makna yang saling berkaitan. Nama - nama motif diambil dari nama gelar bangsawan, ruang atau desa yang berada di Kesultanan Banten.
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel