Motif Batik Pasepen Seni Batik Khas Banten dan Asal Usul Motif

Motif Batik Pasepen Seni Batik Khas Banten dan Asal Usul Motif - Motif  Pasepen sebuah karya seni ragam hias yang berasal dari daerah Banten dan termasuk salah satu motif dari 12 motif batik Banten yang telah dipatenkan. Seperti yang telah diketahui nama - nama motif Banten mengambil dari nama ruang, bangunan dan gelar pada zaman Banten lama.

Motif Batik Pasepen Seni Batik Khas Banten dan Asal Usul Motif

Keunikan motif  Pasepen pada kain batik yang diambil dari motif yang terdapat pada benda - benda kuno peninggalan zaman keraton Banten. Benda - benda kuno tersebut berupa benda gerabah dan keramik lokal dengan pola hias yang dibuat oleh para seniman pada zaman keraton dan kebudayaan daerah pada masa itu.

Dalam perkembangan selanjutnya motif batik Banten diproduksi dengan berbagai warna dengan tidak menghilangkan motif asli seperti yang terdapat pada motif hiasan gerabah dan keramik kuno. Contoh motif Pasepen dapat kita lihat pada gambar motif.

Motif pasepen berbentuk dasar segi empat bunga dengan lingkaran yang polos berjajar empat buah dan motif tumpal sebagai motif dasar booh. Pengembangan warna kain dengan motif dasar berwarna kuning muda, warna abu - abu digunakan warna dasar kain dan booh yang berwarna biru.

Seperti yang telah diulas sebelumnya nama motif batik Banten berciri dari nama suatu tempat, ruang pada zaman keraton zaman Banten lama seperti nama motif Pasepen yang diambil dari nama tempat ruang istana yang digunakan untuk meditasi Sultan Maulana Hasanuddin pada aman Kesultanan Banten.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel