Motif Sekar Jagad Ragam Hias Batik Bantul Yogyakarta

Motif Sekar Jagad Ragam Hias Batik Bantul Yogyakarta - Bantul adalah daerah yang terletak berdekatan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta atau dalam satu wilayah Yogyakarta. Kesenian batik tulis motif sekar jagad adalah karya seni kerajinan yang terkenal yang berasal dari daerah Bantul.

Motif Sekar Jagad Ragam Hias Batik Bantul Yogyakarta

Nama motif Sekar jagad  ada yang beranggapan berasal dari kata "kar Jagad", "kar" yang makna peta dan jagad yang bermakna dunia. Pendapat lain mengungkapkan sekar jagad dalam bahasa jawa "sekar" bermakna bunga dan "jagad" bermakna dunia atau motif melambangkan keindahan dan keragaman seluruh dunia. Makna filosofis motif batik sekar jagad adalah keindahan dan keanekaragaman.

Batik daerah Bantul motif batik Sekar Jagad juga sebagai warisan budaya yang memperkaya khasanah kesenian batik nusantara yang memiliki berbagai ragam corak dan makna, simbol atau lambang tertentu kedaerahan melalui tangan - tangan terampil seniman batik.

Membatik telah dikenal di Bantul sejak abad ke 16 konon bersamaan dengan pendirian komplek pemakaman Raja Mataram di wilayah Imogiri.

Hubungan antara masyarakat Bantul dengan pihak keraton diawali pada zaman pembuatan makam Raja Mataram oleh pihak keraton Yogyakarta. Makam Raja tersebut oleh pihak keraton agar selalu dipelihara dan dijaga keberadaanya dengan menugaskan seorang abdi dalem kepada penduduk setempat untuk menjaga makam Raja tersebut.

Perkembangan awal batik mulai merambah keraton Yogyakarta setelah penduduk di daerah Bantul mempelajari keahlian membatik dari para abdi dalem keraton. Karya seni ragam hias atau motif batik yang halus dan bergaya khas keraton Yogya mulai berkembang terutama di daerah Giriloyo. Corak motif batik sekar jagad didominasi bentuk geometris

Perkembangan keahlian dalam membuat batik keraton atau batik daerah Bantul merupakan karya seni daerah yang diwariskan secara turun temurun dan hingga kini para pembatik daerah Bantul mampu menciptakan motif batik sebagai batik khas daerah Bantul.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel