Motif Srimanganti Motif Batik Khas Provinsi Banten dan Asal - Usul Motif

Motif Srimanganti Motif Batik Khas Provinsi Banten Asal - Usul Motif - Batik adalah karya seni yang telah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia khususnya. Hal itu dapat kita lihat diberbagai daerah di Indonesia yang hampir setiap daerahnya mempunyai motif batik yang diciptakan dari nilai suatu budaya setempat.

Motif Srimanganti Motif Batik Khas Provinsi Banten dan Asal - Usul Motif

Aktivitas membatik dapat kita jumpai hampir disetiap daerah yang diproduksi dengan berbagai proses ada yang dibuat dengan teknik cap, printing bahkan digambar secara langsung pada kain. Dari beberapa proses pembuatan batik paling berkualitas adalah yang dibuat dengan menggambar secara langsung pada kain selain memiliki nilai jual yang tinggi. 

Motif batik merupakan sebuah kreativitas seorang seniman batik atau desainer batik juga sebuah ekspresi pembatik, sehingga karya yang dihasilkan sangat beragam dan bervariasi. Hal itu dapat kita jumpai dari motif batik yang terdapat di masing - masing daerah.

Tema motif batik disetiap daerah juga sangat beragam. Tema - tema yang digunakan dalam pembuatan motif batik yang paling banyak dijumpai adalah mengambil tema - tema alam seperti tumbuhan, binatang dan benda alam lainya yang menjadi ciri daerah setempat.

Disisi lain motif batik digunakan sebagai usaha pelestarian budaya daerah yaitu batik daerah provinsi Banten Srimanganti, nama motifnya mengambil dari nama salah satu tempat pada zaman Kesultanan Banten yang juga sebagai ciri dari motif batik Banten dari segi penamaan motif mengambil dari nama tempat, bangunan, ruang situs Banten lama dan nama gelar bangsawan pada zaman keraton Kesultanan Banten.

Motif Srimanganti adalah diproduksi dari motif yang terdapat benda kuno yaitu pola hias yang terdapat pada gerabah dan keramik lokal penginggalan zaman Keraton Banten dan ditetapkan  sebagai pola hias khas Banten. Nama Srimanganti berasal dari kata Sri yang berarti raja dan Manganti berarti menanti yang berarti sebuah pintu gerbang yang menghubungkan keraton.

Motif Batik SriManganti

Bentuk dasar motif batik Srimanganti berbentuk tumpal bergerigi ganda dan ceplok lingkaran dan setengah bulatan dalam lingkaran.  Bentuk segi empat dan bentuk setengah lingkaran pada sudut - sudutnya terdapat cecep dan booh dengan motif dasar segitiga daun. Dari segi pewarnaan motif Srimanganti didominasi warna coklat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel