Makna Seni Ragam Hias Batik Banyumas Motif Batik Simbar Menjangan

Makna Seni Ragam Hias Batik Banyumas Motif Batik Simbar Menjangan - Banyumas  terletak di daerah sebelah Barat daya provinsi Jawa tengah dengan sumber daya alam yang mempesona. Kesenian yang tumbuh di daerah tersebut merupakan warisan budaya lokal yang hingga sekarang tetap dilestarikan di daerah Banyumas.

Makna Seni Ragam Hias Batik Banyumas Motif Batik Simbar Menjangan

Kesenian batik yang diproduksi bukan semata - mata sebagai wujud pelestarian belaka tetapi terdapat makna filosofis yang terkandung pada karya seni yang telah ada sejak zaman purbakala sebagai warisan budaya lokal dan kekayaan budaya nusantara.

Daerah penghasil batik di daerah banyak dijumpai hampir disetiap pelosok daerah nusantara, Banyumas salah satunya daerah penghasil batik yang memperkaya khasanah budaya nusantara. 

Motif batik Banyumas memiliki ciri  motif  kedaerahan yang mencerminkan kondisi sosial dan nilai budaya setempat yang terekspresikan dalam sebuah karya seni batik yang indah, bermakna dan bernilai seni tinggi.

Motif Batik Simbar Menjangan Banyumas

Motif batik Simbar Menjangan Banyumas dikenal Paku tanduk rusa merupakan motif batik yang kini tetap dikembangkan dan di inovasi oleh para pengrajin di sentra batik Banyumas. Kreasi dan inovasi motif batik sebagai usaha pelestarian kesenian batik dengan tidak menghilangkan identitas motif dan budaya daerah Banyumas.

Batik Motif Simbar Menjangan memberikan apresiasi tersendiri bagi penggemar batik nusantara maupun mancanegara. Oleh para seniman desainer, perancang batik, batik simbar menjangan adalah gubahan dari bentuk tumbuhan paku tanduk rusa yang tampak secara visual berdaun memanjang dan bergelombang pada bagian tepi daun.

Tumbuhan yang digubah menjadi motif batik banyak dijumpai menempel pada batuan tebing dan pepohonan  kayu - kayu tertentu. Tumbuhan tersebut dikenal tumbuhan yang mampu bertahan dan kuat sebagai lambang makna dari motif batik Simbar Menjangan yang kuat dan ulet.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel