Batik Barongan Seni Ragam Hias Batik Blora Jawa Tengah

Batik Barongan Seni Ragam Hias Batik Blora Jawa Tengah  - Kesenian batik merupakan salah satu jenis karya seni yang menjadi ciri identitas nusantara. Corak batik beranekaragam motif  sering kita jumpai yang semakin hari semakin banyak bertambah baik dari segi pewarnaan dan motif - motif batik baru.

Batik Barongan Seni Ragam Hias Batik Blora Jawa Tengah

Motif batik mencirikan identitas dari suatu daerah tertentu atau sebuah perwujudan kondisi sosial budaya yang terdapat di daerah tersebut. Pada batik tradisional lebih banyak corak batik yang bermotif tumbuhan dan motif binatang yang menghiasi pada kain batik.

Selain motif batik dengan corak flora dan fauna yang mendasari pembuatan motif di nusantara salah satunya adalah cerita rakyat yang berkembang di suatu daerah tertentu, legenda, mitos - mitos dan sebagainya.

Batik Barongan Blora

Batik Barongan batik khas daerah Blora yang berkembang seiring dengan perkembangan batik Blora lainya. Motif batik yang terdapat di daerah tersebut memiliki berbagai makna yang berkaitan erat kehidupan sosial daerah setempat dan nilai estetis batik.

Ornamen batik Barongan menggambarkan rupa Barong. Barong adalah seni rakyat yang populer di daerah Blora. Dalam penggambaran motif Barong Blora rupa Barong yang tampak depan yang dipertegas dengan garis - garis mata serta ekspresi wajah Barong.

Kisah yang terkandung pada motif barong terkait dengan Barongan yang mengisahkan seorang raja kerajaan Bantarangin Prabu Kelana Sewandana yang meminang Dewi Sekartaji putri kerajaan Kediri. Dari yang telah diuraikan motif batik Blora kental dengan budaya lokal dan bercorak khas yang tidak dijumpai pada motif batik daerah lain.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel