Batik Beremis Ragam Hias Batik Bengkulu

Batik Beremis Ragam Hias Batik Bengkulu  - Motif batik merupakan sebuah karya seni unik yang telah dikenal daerah nusantara sejak zaman purbakala. Keunikan pada motif batik yang dibuat bersumber dari berbagai benda alam. Sebagian besar motif batik yang dibuat bersumber dari flora dan fauna sesuai dengan kondisi alam daerah setempat.

Batik Beremis Ragam Hias Batik Bengkulu

Kondisi alam yang berbeda - beda disetiap daerah memberikan inspirasi terhadap seniman atau pembatik daerah yang dirancang sedemikian rupa atau menggubah bentuk asli kedalam kain batik.

Tumbuhan disekitar paling banyak mengilhami para pembatik dalam menciptakan motif atau ornamen kedalam karyanya seperti bunga Rafflesia Arnoldi yang paling banyak tumbuh di daerah Bengkulu. Keindahan yang terdapat bunga Rafflesia menjadi sebuah obyek yang menarik bagi para seniman untuk menjadikanya motif batik kedaerahan.

Ornamen bunga Rafflesia salah satu motif yang terdapat pada kain batik Besurek. Selain batik besurek dan batik kaganga di Bengkulu terdapat batik yang disebut batik Beremis yang motifnya disusun dengan motif besurek.

Motif batik beremis bersumber dari kulit remis dan burung walet. Keunikan batik beremis yaitu pada pembuatan batik yang digambar secara langsung pada kain batik dan bukan dicetak. Batik yang berasal dari Kabupaten Seluma tersebut terbuat dari sutra atau cotton sehingga nyaman dipakai dan bernilai ekonomis maupun prestise.

Demikian seni  Batik Beremis Ragam Hias Batik Bengkulu. Dapatkan ulasan seputar kesenian yang berasal dari daerah Bengkulu dan ragam kesenian tradisional maupun modern yang terdapat diberbagai daerah di Indonesia juga ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel