Keindahan Seni Ragam Hias Batik Kaganga Bengkulu

Keindahan Seni Ragam Hias Batik Kaganga Bengkulu - Bengkulu daerah provinsi yang terletak di pulau Sumatera yang dikenal juga dengan sebutan Tanah Rejang yang kaya akan jenis kesenian daerah. Kesenian daerah Bengkulu adalah karya seni yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Keindahan Seni Ragam Hias Batik Kaganga Bengkulu

Seperti halnya kesenian - kesenian daerah lainya, seni daerah Bengkulu seringkali dipentaskan dalam berbagai event budaya daerah hingga go internasional biasanya jenis seni pertunjukan tari tradisional daerah seperti Tari Rejang, Tari Kejei, Tari Andun, Tari Lanan Belek dan tari tradisional Bengkulu lainya. Adapun  alat musik daerah, Lagu daerah Bengkulu dan sebagainya. Kesenian daerah Bengkulu  juga  adalah seni unik sebagai warisan budaya yang kini tetap dilestarikan.

Kesenian Bengkulu yang populer dan terkenal hingga mancanegara pada seni kerajinan adalah kain motif Besurek. Di balik terkenalnya kain motif Besurek terdapat motif lain dengan corak khas tanah Rejang yaitu kain Batik Kaganga.

Batik Kaganga adalah motif batik yang dikembangkan oleh para penggiat batik daerah Bengkulu Sekitar tahun 1985 sampai 1990 dan pada perkembanganya terinspirasi oleh huruf Kaganga yang juga dikenal dengan aksara rejang.

Pada zaman dahulu ragam hias batik tulis Kaganga hanya dipakai oleh orang - orang kaya daerah Bengkulu tetapi dalam perkembanganya kini bukanlah menjadi barang yang mewah dan tidak lagi bisa menaikan prestise. Motif - motif batik Kaganga yang beragam dibuat oleh pengrajin batik Kaganga yang belajar membatik ke Pulau Jawa.

Perancangan motif batik Kaganga dengan mengkombinasikan dari berbagai pola seperti motif bunga dan motif binatang (flora dan fauna). Oleh para seniman pembatik Batik daerah Bengkulu juga didesain dengan motif - motif geometris berupa garis - garis lurus sehingga menghasilkan ragam hias yang indah dan menarik.

Demikian  Keindahan Seni Ragam Hias Batik Kaganga Bengkulu. Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah yang berasal dari Bengkulu dan ragam jenis kesenian daerah lainya yang berasal dari daerah Bengkulu baik seni tradisional atau modern juga ulasan seni budaya Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel