Batik Bojonegoro Batik Jonegoroan Motif Sata Gondo Wangi

Batik Bojonegoro Batik Jonegoroan Motif Sata Gondo Wangi - Seni kerajinan batik Indonesia hingga kini terus berkembang sebagai warisan budaya tak benda dan telah di akui UNESCO. Salah satu daerah penghasil batik dari berbagai daerah adalah Kabupaten Bojonegoro  yang terkenal dengan seni kerajinan ukir kayu.

Batik Bojonegoro Batik Jonegooran Motif Sata Gondo Wangi

Jonegoroan merupakan julukan batik Bojonegoro yang terdiri dari sembilan motif yang telah ditetapkan sebagai motif batik daerah Bojonegoro. Sembilan motif batik yang dikenal batik Jonegoroan merupakan hasil dari seleksi lomba desain batik yang pernah diadakan pada tahun 2010 silam.

Sembilan motif batik yang ditetapkan sebagai batik daerah Bojonegoro salah satunya adalah motif batik Sata Gondo Wangi.

Sumber daya alam Bojonegoro yang menarik banyak wisatawan juga merupakan daerah tanam yang subur dengan hasil tanaman menjadi salah satu produk unggulan dan dikenal di seluruh nusantara yaitu tanaman Tembakau yang beraroma harum.

Batik Motif Sata Gondo Wangi adalah istilah yang berasal dari bahasa daerah setempat yaitu :

- Sata
: Tembakau
- Ganda/Gondo : Aroma
- Wangi : Harum

Aroma yang ditimbulkan tanaman tembakau Bojonegoro diharapkan nama Bojonegoro menjadi harum dari tanaman tembakau sebagai salah satu potensinya. Kain batik yang dihasilkan dengan berbagai bentuk diharapkan mampu memperkenalkan kepada masyarakat luar daerah akan keberadaan salah satu seni kerajinan Bojonegoro dan sebagai upaya pelestarian budaya daerah dengan penggunaan batik.

Demikian ulasan  Batik Bojonegoro Batik Jonegoroan Motif Sata Gondo Wangi. Dapatkan ulasan seputar kesenian batik yang berasal dari Bojonegoro lainya juga karya seni budaya tradisional maupun modern nusantara maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel