Keunikan Makna Batik Motif Parang Dahono Munggal Seni Kerajinan Bojonegoro

Keunikan Makna Batik Motif Parang Dahono Munggal Seni Kerajinan Bojonegoro - Batik Bojonegoro juga dikenal sebagai batik jonegoroan yang terdiri dari sembilan motif batik dengan corak daerah dan keindahan batik yang mampu menopang ekonomi nasional melalui industri kecil Menengah.
Keunikan Makna Batik Motif Parang Dahono Munggal Seni Kerajinan Bojonegoro

Bojonegoro terletak di provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan lima daerah Kabupaten disekelilingya. Selain sumber daya alam yang subur sumber daya manusia daerah tersebut juga memiliki potensi besar dalam pengembangan kerajinan batik khas Bojonegoro.Motif batik Bojonegoro diantaranya : Motif pari sumilak, motif gatra rinonce, motif pelem - pelem suminar, motif parang lembu parang sekar rinambat dan masih banyak lagi motif batik khas Bojonegoro.

Pengembangan batik khas daerah Bojonegoro dalam perkembanganya selanjutnya menuju usaha mandiri khususnya bagi wanita di daerah tersebut. Sumber daya yang ada terus di gali sebagai usaha untuk mengangkat produk unggulan batik Bojonegoro dengan menyelenggarkan pengembangan desain batik Jonegoroan.

Batik Bojonegoro motif Parang Dahono Munggal


Parang Dahono Munggal merupakan kata yang berasal dari bahasa setempat, yaitu Parang yang berarti miring, dahana berarti api dan munggal yang artinya menyala atau berkobar sepanjang waktu.

Sumber daya alam menjadi daya tarik tersendiri dengan objek wisata Khayangan Api yaitu sumber api abadi terbesar di Asia Tenggara dan merupakan wisata andalan di Kabupaten Bojonegoro.

Makna Ornamen pada Motif batik Parang Dahono Munggal merupakann sebuah simbol masyarakat Bojonegoro yang dinamis  dan memberikan cahaya bagi masyarakat sekitar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel