Makna Simbolik Batik Jonegoroan Motif Sekar Jati Bojonegoro

Makna Simbolik Batik Jonegoroan Motif Sekar Jati Bojonegoro - Batik Bojonegoro terdapat sembilan motif batik yang telah ditetapkan oleh pemerintah Bojonegoro. Batik - batik yang telah ditetapkan dikenal sebagai batik Jonegoroan yang menjadi salah satu seni kerajinan khas Bojonegoro selain seni kerajinan kayu.

Makna Simbolik Batik Jonegoroan Motif Sekar Jati Bojonegoro

Motif batik yang dikenal dengan Jonegoroan merupakan ornamen yang tidak semata - mata mengutamakan keindahan tetapi hiasan pada kain batik mengandung makna yang lekat dengan budaya daerah Bojonegoro.

Ragam hias batik Bojonegoro mengandung berbagai mana simbolik yang mampu menceritakan budaya daerah Bojonegoro contohnya motif batik parang dahono munggal yang menceritakan keberadaan obyek wisata Khayangan api dan masih banyak lagi makna simbolik lainya yang diwujudkan gambar motif batik pada kain batik Jonegoroan.

Selain kerajinan kayu jati yang terkenal juga seni kerajinan batik yang terinspirasi dari benda alam sekitar yaitu motif batik Sekar jati batik Jonegoroan. Kedua jenis seni kerajinan tersebut saling berkaitan dan menyatu sama lain yang memanfaatkan pohon jati dalam karya seni yang diciptakan yang mencirikan kesenian khas daerah Bojonegoro.

Kata Sekar Jati berasal dari bahasa jawa yaitu : kata sekar dan jati. Sekar berarti bunga dan jati berarti pohon jati. Makna yang terkandung pada batik Jonegoroan motif Sekar Jati adalah keberadaan pohon jati yang tumbuh subur di kabupaten Bojonegoro yang berkembang seiring dengan kerajinan kayu jati menjadi sebuah kerajinan mebel yang memanfaatkan akar dan pohon jati.

Terlepas dari kerajinan kayu jati Ornamen batik Jonegoroan dibuat dengan berbagai corak, warna, motif dan sebagainya diharapkan mampu untuk dikenal para wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel