Keindahan Seni Ragam Hias Batik Tulis Motif Daun Singkong

Keindahan Seni Ragam Hias Batik Tulis Motif Daun Singkong - Seni Kerajinan batik telah dikenal sejak zaman purbakala khususnya di daerah Jawa maka tidak mengherankan kalau batik yang berasal dari Jawa lebih populer. Di jawa Tengah terdapat beberapa daerah penghasil batik yaitu di terletak di daerah Bayat, Klaten Provinsi Jawa Tengah.

Keindahan Seni Ragam Hias Batik Tulis Motif Daun Singkong

Seni batik yang dihasilkan dari daerah tersebut merupakan batik tulis yang dikenal dengan batik Kebon Indah sesuai dengan nama desa setempat yaitu desa Kebon yang terletak Bayat kabupaten Klaten.

Industri batik Kebon Indah berdiri pada tahun 2010 dan bersamaan dengan berdirinya industri tersebut dibuat motif batik tulis motif daun singkong juga sebagai motif khas Kebon Indah. Bentuk batik yang diproduksi pembatik didominasi bentuk dedaunan yang terdapat di kebun.

Tanaman Singkong selain sebagai bahan makanan pengganti nasi juga merupakan tanaman yang akrab dengan masyarakat desa setempat. Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan tradisional di daerah tersebut. Selain umbi singkong daun singkong juga dikonsumsi oleh masyarakat Kebon sebagai makanan sayuran. Hal itulah yang mendasari dalam pembuatan motif batik menjadi kain batik.

Bentuk motif batik daun singkong Kebon Indah di gambar sama persis dengan daun singkong asli yang terdiri dari tujuh helai dalam satu tangkainya dengan ujung daun yang runcing yang merupakan motif utama dari batik tulis daun singkong.Selain motif daun singkong Kebon Indah Bayat juga memproduksi motif batik daun lombok kecil.

Ditinjau dari segi pewarnaan batik khas Kebon Indah cenderung terlihat klasik dengan menggunakan bahan pewarna alami.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel