Seni Ragam Hias Batik dan Motif Batik Bondowoso

Seni Ragam Hias Batik dan Motif Batik Bondowoso - Bondowoso merupakan sebuah daerah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan tempat wisata Bondowoso juga terkenal dengan seni kerajinan batik dengan motif beragam.

Seni Ragam Hias Batik dan Motif Batik Bondowoso

Perkembangan batik di daerah Bondowoso semakin meningkat setelah batik di akui sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2009 silam. Pada zaman dahulu batik Bondowoso hanya di lakukan oleh perorangan saja. Motif batik yang dibuat para pengrajin batik setempat memiliki ciri tersendiri yang tidak dijumpai motif batik didaerah lain.

Seni kerajinan batik di Bondowoso dikenal dengan nama batik Singkong Maesan sebagai batik kedaerahan dan pelestarian budaya lokal yang sebagian besar masyarakat Bondowoso mendapatkan penghasilan dari singkong.

Motif batik Singkong merupakan sebuah ekspresi pembatik yang berada di daerah tersebut serta sebagai wujud kepedulian alam dan wujud pelestarian budaya daerah khususnya Bondowoso. Ciri motif batik Bondowoso pada umumnya berbentuk motif singkong dan tembakau

Perkembangan batik Bondowoso berbentuk berupa ornamen batik yang beragam yang dibuat oleh seniman batik setempat yang mengambangkan motif batik Bondowoso yang sudah ada sebelumnya. Motif batik yang dikembangkan menjadi motif yang beragam salah satunya adalah motif batik singkong.

 Batik Bondowoso yang hingga kini tetap berkembang diantaranya :

- Batik motif Singkong
- Batik Kupu-Kupu
- Batik Capung
- Batik Ilalang
- Batik Cabe
- Batik Stroberi
- Batik Kacang Makadamia
- Batik Singo Ulung
- Batik Tembakau
- Batik Kopi

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel