Ragam Hias Batik Gumelem Motif Gedong Kosong

Ragam Hias Batik Gumelem Motif Gedong Kosong - Kain batik sering kita jumpai hampir setiap hari dengan corak dan motif yang bervariasi . Keberagaman corak dan motif batik mencerminkan keberagaman sosial dan budaya daerah tertentu. Batik daerah dibuat seorang desainer perancang batik melalui daya kreasi perancang dan nilai estetis pada batik.

Ragam Hias Batik Gumelem Motif Gedong Kosong

Keunikan yang ada pada karya batik adalah sebuah hasil kreativitas seorang seniman maupun pembatik dengan ketrampilan yang dimiliki sehingga menghasilkan karya yang indah dan berciri kedaerahan.

Pembuatan motif batik  disetiap daerah ditinjau dari sumbernya sangatlah kompleks mulai dari obyek pada bagian - bagian tumbuhan seperti bentuk daun, bentuk tangkai dan sebagainya. Contoh sumber pembuatan motif batik dengan mengangkat cerita rakyat, benda - benda bersejarah atau artefak dan sebagainya.

Dari beberapa sumber pembuatan batik tersebut terdapat motif batik yang berkembang di daerah Gumelem tepatnya di Banjarnegara Jawa Tengah yang mengangkat lingkungan sekitar rumah sebagai obyek pembuatan motif batik, yaitu motif batik Gedong Kosong.

Batik gedong kosong batik yang berasal dari Gumelem dan dibuat dari keadaan sekitar masyarakat setempat. Gedong kosong berasal dari kata Gedong yang berarti rumah dan kata kosong berarti kekosongan.

Pada umumnya masyarakat Gumelem pada saat mendirikan rumah selalu mempunyai lahan kosong atau tanah kosong di bagian depan rumah sebagai lahan taman agar terlihat sejuk dan rindang. Kondisi lingkungan tersebut setempat menginspirasi pembatik sehingga menjadi motif yang disebut Motif batik gedong kosong.

Motif Batik Gedong Kosong

Motif batik gedong kosong adalah stilir atau gubahan dari bentuk tumbuhan terutama pada bentuk ornamen bunga dan daun. Batik Gedong kosong termasuk golongan motif Buketan karena memang penempatan bidang ornamen yang tidak sama seperti ornamen pada bagian bawah dan bagian atas yang tidak terdapat ornamen atau kosong.

Bentuk tangkai dan daun juga telah divariasi dengan memberikan garis- garis dan bentuk ukel pada ujung tangkai dengan arah yang berpola jika ukel atas mengarah ke kanan maka ukel bawah mengarah ke kiri dan seterusnya. 

Pada bagian bawah motif tumbuhan berbentuk bidang segitiga yang berwarna putih adalah gambaran kerikil kecil yang pada umumnya terdapat dibawah tanaman pekarangan rumah.

Terdapat dua jenis bentuk Ornamen bunga yang digambarkan yaitu bentuk setengah lingkaran dan lingkaran sempurna sesuai bentuk asli kelopak bunga sesungguhnya.

Warna yang digunakan dalam corak motif batik Gumelem gedong kosong yaitu merah, hitam dan putih pada warna kontur dan isen - isen seperti pada isen - isen cacah gori, cecek, dan cecek sawut.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel