Keindahan Motif Pare Anom Ragam Hias Batik Gumelem

Keindahan Motif Pare Anom Ragam Hias Batik Gumelem - Gumelem daerah penghasil batik dari beberapa daerah penghasil batik di Jawa Tengah. Motif batik yang dihasilkan sebagian besar bersumber dari  keadaan lingkungan sekitar pekarangan rumah di wilayah Gumelem pada bagian depan rumah terdapat lahan kosong untuk lahan tanam sehingga terlihat sejuk dan rindang.

Keindahan Motif Pare Anom Ragam Hias Batik Gumelem

Keunikan yang terdapat pada batik Gumelem merupakan sebuah daya kreativitas seniman daerah setempat dengan mengangkat budaya lingkungan daerah Gumelem yang menjadi sebuah karya seni batik yang indah serta bermakna.

Jenis motif yang paling mendominasi motif batik di wilayah Gumelem adalah motif flora atau tumbuhan. Motif tumbuhan pada kain batik khususnya di daerah Jawa sangat bervariasi tidak sedikit motif batik yang mengangkat dari tumbuhan khas di daerah tersebut, misalnya tumbuhan Rafflesia Arnoldi Bengkulu.

Sesuai dengan keadaan di lingkungan Gumelem di setiap bagian depan rumah ditanami tumbuhan atau berbagai macam sayuran. Sayuran Pare adalah salah satu jenis sayuran yang di gambar menjadi motif batik Gumelem atau dikenal dengan motif Pare Anom.

Motif Pare Anom bercerita tentang tumbuhan yang berupa sayuran pare yang digunakan untuk pelengkap makanan dan terasa pahit. Dalam motif Pare menggambarkan bagian dari sayuran Pare menjadi sebuah ornamen yang indah.

Ornamen yang di gambar berupa biji sayur pare  berbentuk lonjong seperti mlinjo. Ornamen lain pada motif pare adalah ornamen daun pare yang di gambar secara lengkap dengan tangkainya.

Ukelan terdapat pada ujung tangkai pada dari bentuk setengah lingkaran yang terdiri dari tangkai disertai dedaunan tanaman merambat. Desain rancangan ornamen tanaman pare di susun secara simetris antara lengkung bawah dan lengkung atas.

Di tinjau dari segi pewarnaan motif Pare Anom menggunakan berbagi warna, yaitu warna coklat tua, hitam, coklat muda dan putih. Warna coklat tua digunakan untuk warna pada garis kontur ornamen dan coklat muda digunakan untuk mewarnai ornamen sayur pare.

Penggambaran motif pada ornamen bentuk pare ada dua jenis ada yang berukuran besar dan ukuran kecil dan bentuk yang sama antara pare yang sudah matang dan pare masih muda. Ornamen lain yang terdapat pada motif Pare Anom adalah potongan pare yang menempel pada tangkai berdekatan dengan letak pare yang masih muda berbentuk setengah lingkaran dan bergelombang.

Hiasan motif menggunakan isen - isen cecek, sawut, cacah gori dan cecek sawut. Kesan desain motif Pare Anom sangat indah melalui penyusunan bentuk - bentuk setengah lingkaran dan garis lengkung.

Demikian  Keindahan Motif Pare Anom Ragam Hias Batik Gumelem. Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah ayang berasal dari daerah Gumelem dan ulasan ragam jenis kesenian tradisional dan modern beserta nilai sejarah budaya dan makna yang terkandung pada kesenian daerah di Indonesia dan ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel