Makna Simbolis Batik Bojonegoro Motif Pelem - Pelem Sumilar

Makna Simbolis Batik Bojonegoro Motif Pelem - Pelem Sumilar - Bojonegoro adalah sebuah daerah Kabupaten yang teletak di Provinsi Jawa Timur dan bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Blora Jawa Tengah yang juga daerah penghasil batik dengan motif batik Blora yang khas. Jenis kesenian batik yang terkenal dari daerah Bojonegoro adalah batik Jumput

Makna Simbolis Batik Bojonegoro Motif Pelem - Pelem Sumilar

Jenis batik Jumput berasal dari Desa Prayungan Kecamatan Sumberejo. Sedangkan batik Madrim nama seorang patih Raja Angling Darma yang berasal dari Kerajaan Malowopati petilasanya terdapat di Desa Wotan Ngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.

Kekayaan alam yang terdapat di Kabupaten Bojonegoro menginspirasi dalam penciptaan motif batik salah satu warga Bojonegoro yaitu Ibu Mafudho Suyoto. Batik Bojonegoro juga dikenal dengan batik Jonegoroan yang terdiri dari sembilan motif batik yang tercipta dari lomba desain batik yang menggambarkan potensi budaya alam Bojonegoro.

Dari beberapa jenis motif batik dari Bojonegoro salah satu motif batiknya yaitu motif batik Pelem - Pelem Sumilar. Ornamen Pelem - pelem Sumilar menggambarkan mangga gadung di Kabupaten Bojonegoro yang terkenal di kota - kota besar se-Indonesia.

Demikian Makna Simbolis Batik Bojonegoro Motif Pelem - Pelem Sumilar. Dapatakn ulasan seputar ragam kesenian lainya yang berasal dari Bojonegoro dan ragam ulasan seni budaya tradisional maupun seni modern Indonesia beserta makna dan nilai budaya yang terkandung. Dapatkan pula ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel