Batik Gumelem Motif Manggaran Ornamen Ragam Hias Batik Banjarnegara

Batik Gumelem Motif Manggaran Ornamen Ragam Hias Batik Banjarnegara - Gumelem adalah sebuah nama tempat yang terletak di Banjarnegara Jawa Tengah. Daerah tersebut adalah salah satu daerah penghasil kain batik yang terkenal dengan corak motif beragam.yang menjadi ciri identitas daerah Gumelem.

Batik Gumelem Motif Manggaran Ornamen Ragam Hias Batik Banjarnegara

Motif batik yang berkembang di daerah tersebut bersumber dari kekayaan alam kemudian digubah menjadi sebuah motif batik dengan unsur keindahan oleh perancang batik di daerah Gumelem Banjarnegara.

Dari beberapa motif batik yang terkenal di daerah Gumelem terdapat motif batik yang mencerminkan kondisi sosial budaya daerah tersebut yaitu motif batik Manggaran yang berasa dari kata Manggar atau bunga kelapa.

Motif batik Gumelem menyimpan cerita tentang masyarakat Gumelem yang pada saat itu menekuni pekerjaan sebagai pembuat gula kelapa yang menggunakan bahan baku dari Manggaran atau bunga kelapa sebagai mata pencaharian penduduk setempat.

Corak motif batik manggaran di rancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu karya seni yang indah dan bermakna dengan menyusun bentuk manggar yang disusun secara vertikal dan membentuk garis sejajar.

Bentuk batik Manggar pada batik Manggar sama persis dengan bentuk aslinya yang memanjang dengan butiran - butiran kecil di kedua sisinya dan variasi ornamen bunga pada bagian tengah manggar.

Desain berupa garis vertikal yang berjajar adalah bentuk Manggar atau bunga kelapa yang digambar dalam ukuran lebih besar berbentuk setengah lingkaran tanpa tangkai yang disusun secara simetris dan hiasan tepi berbentuk garis bergelombang yang lengkap dengan tangkainya.

Dari segi Pewarnaan motif Manggar diwarnai dengan warna krem kekuningan berlatar belakang warna cokelat. Warna Manggar disesuaikan dengan warna Manggar aslinya. Kombinasi warna menghasilkan pewarnan yang serasi yatiu warna gelap dan warna terang serta cecek sebagai penghias dari motif batik Manggar.  

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel