Makna Motif Kembang Setaman Ragam Hias Batik Jepara

Makna Motif Kembang Setaman Ragam Hias Batik Jepara - Batik adalah salah satu jenis karya seni daerah yang telah mendunia. Batik merupakan warisan budaya yang telah dikenal nusantara sejak zaman dahulu kala yang sebagian besar hanya di pakai para kaum bangsawan saja.

akna Motif Kembang Setaman Ragam Hias Batik Jepara

Keindahan motif pada batik merupakan karya kreatif seorang seniman perancang batik yang banyak mengambil dari bentuk benda - benda alam yang indah di setiap daerah kemudian oleh seorang penggiat batik di gambar pada kain batik.

Ornamen hias pada batik yang diciptakan selain untuk keindahan juga terdapat berbagai macam makna yang lekat dengan kehidupan sosial budaya daerah setempat.

Keberagaman batik sebagai budaya bangsa hingga kini tetap dilestarikan sebagai wujud pelestarian budaya. Salah satu batik yang menyimpan sejarah adalah batik Jepara yang dikenal dengan batik Kartini.

Daerah Jepara dikenal dengan penghasil ukiran dengan motif yang beranekaragam. Motif pada ukiran kayu Jepara banyak menginspirasi dalam pembuatan motif batik. Batik daerah Jepara telah ada sejak zaman Kartini dan hilang dari peredaran setelah satu abad kemudian.

Perkembangan batik Jepara tidak terlepas dari peran R.A. Kartini, selain mengajarkan membatik di Pendopo kediamanya dengan ketrampilan membatik yang  dimiliki R.A. Kartini juga menciptakan motif batik. Beliau juga ahli berbahasa Belanda yang kemudian menulis tentang batik sehingga batik di kenal di negara Belanda. Dari beberapa motif batik yang terdapat di Jepara Batik Jepara Kembang Setaman merupakan motif khas batik Jepara.

Motif Kembang Setaman adalah salah satu motif batik khas daerah Jepara yang bermakna menggambarkan keindahan sebuah taman bunga. Motif kembang setaman inspirasi dari keadaan alam flora dan fauna dengan hiasan ornamen beranekaragam bunga yang indah dan kupu - kupu.

Demikian ulasan karya seni batik Makna Motif Kembang Setaman Ragam Hias Batik Jepara. Dapatkan ulasan seputar karya seni motif batik daerah Jepara dan berbagai jenis seni budaya tradisional dan modern di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel