Makna Simbolis Ornamen Ukir Motif Ukir Jepara

Makna Simbolis Ornamen Ukir Motif Ukir Jepara  - Karya seni ukir Jepara merupakan karya seni yang telah mendunia dan dikenal berbagai negara di dunia. Kesenian ukir kayu Jepara menurut masyarakat setempat  mempunyai berbagai ragam cerita dan peristiwa yang melatarbelakangi adanya seni ukir di darah Jepara.

Makna Simbolis Ornamen Ukir Motif Ukir Jepara

Keindahan dan kwalitas ukiran Jepara telah dikenal oleh dunia sejak zaman R.A. Kartini. Keunikan ukiran dihasilkan oleh para pengrajin yang terampil dalam membuat sebuah karya ukir yang menyerupai relief dan ukiran dua dimensi dan tiga dimensi dengan keindahan yang tidak diragukan lagi.

Tidak saja dalam perkembangan motif ukir tetapi R.A. Kartini berperan dalam perkembangan motif batik Jepara yang motif - motifnya mnegadopsi dari motif ukiran Jepara.

Motif ukir Jepara merupakan stilasi dari tumbuhan menjalar atau rambat yang dipahat pada permukaan kayu. Bentuk tumbuhan yang merambat  dengan bentuk yang khas yaitu bentuk tangkai kecil dan memanjang, berdaun lebar serta ujung daun yang runcing.

Bentuk stilasi yang diterapkan pada motif ukir Jepara dan nampak unsur - unsur motif ukir Jepara yaitu :
  • Tangkai Relung
Tangkai relung berbentuk segitiga pada bagian penampang. Tangkai Relung (lung) berciri khas dengan bentuk panjang dan melingkar.
  • Jumbai
Jumbai dalam motif ukir Jepara berbentuk menyerupai kipas berupa daun yang terbuka serta berukuran lebar dan membentuk irama dinamis. Buah wuni atau biji biasanya muncul pada setiap pangkal daun Jumbai. Ciri khas ukir Jepara setiap bagian ujung daun berbentuk runcing.
  • Trubusan
Terdapat dua jenis motif ukiran Jepara yaitu :
-Bentuk daun yang keluar dari sepanjang tangkai relung.
-Bentuk buah susun atau buah yang berjajar memanjang atau Trubusan yang keluar dari ruas atau cabang.

Bentuk atau perpanjang dari setiap daun pada motif ukir Jepara dibuat segi tiga timbul dan  bentuk krawing atau cekung dalam perkembangan pada penampang daun.

Motif ukir Jepara banyak diterapkan bagian ventilasi, dan hiasan rumah dengan ukiran yang bentuk krawangan atau ukiran tembus. Motif ukiran Jepara juga dikombinasi dengan motif - motif binatang burung merak yang menambah keindahan motif ukir Jepara. Makna Simbolis yang terkandung pada motif ukir Jepara adalah kesabaran dan ketelitian.

Adapun Ciri khusus dari Ornamen atau motif ukir Jepara yaitu : Terdapat Jumbai dan kombinasi dengan motif burung merak.

Demikian ulasan Makna Simbolis Ornamen Ukir Motif Ukir Jepara. Dapatkan ulasan seputar seni ukir daerah Jepara dan seni budaya tradisional maupun modern dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel