Sejarah dan Macam - Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Bali

Sejarah dan Macam - Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Bali - Pulau Bali merupakan daerah yang banyak terdapat berbagai karya seni yang sakral dan unik selain tempat wisata yang menjadi salah satu tujuan para wisatawan dari berbagai penjuru nusantara dan mancanegara. Kesenian yang terkenal di daerah Bali yang sering di jumpai adalah seni Ornamen. Selain kesenian tersebut adalah kesenian batik Bali.

Sejarah dan Macam - Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Bali

Keindahan alam pulau Bali tidak semata - mata hanya sebagai tujuan wisata saja tetapi juga telah memberikan inspirasi pada karya seni bercorak kedaerahan Bali yang telah ada sejak tahun 1970 yang dipelopori oleh Pande Ketut Krisna dari Banjar Tegeha, Desa Batubulan, Sukawati Gianyar Bali.

Seperti yang terdapat di daerah lainya pembuatan batik daerah setempat dengan mengangkat sosial budaya dan kondisi alam sekitar benda - benda alam dan flora dan fauna, sehingga nilai keindahan batik yang dihasilkan beragam corak dan motifnya.

Pembuatan batik di Bali pada tahun 1970 awalnya dibuat dengan menggunakan alat tenun tradisional atau manual yang terkenal dengan sebutan alat tenun bukan mesin tenun.

Kain dengan corak batik oleh masyarakat di daerah Bali digunakan untuk kepentingan upacara adat setempat dan ritual keagamaan sehingga industri batik di Bali berkembang pesat dengan berbagai corak yang khas daerah Bali.

Keunikan Corak pada karya seni batik Bali merupakan perpaduan dari motif batik asli daerah Bali dengan motif yang berasal dari luar pulau Bali seperti Bali - Pekalongan, Corak Bali-Papua dan pengaruh motif China. Perpaduan batik antar daerah menghasilkan sebuah corak batik khas daerah Bali.

Perkembangan batik di pulau Bali tidak terlepas dari keberadaan industri batik modern sehingga motif batik di daerah Bali menyesuaikan dengan zaman yang semakin modern khususnya pada batik pada umumnya. 

Motif batik modern yang kini berkembang tidak terlepas dari bentuk benda - benda alam baik benda mati maupun makhluk hidup  seperti burung, ikan, bunga, pohon, kupu - kupu dan sebagainya. Batik di daerah dibuat dari bahan berkualitas dan motif batik di gambar secara langsung pada kain batik dan menggunakan bahan pewarna alami.

Adapun beberapa motif batik Bali yaitu :

- Motif Batik Bali Buketan
- Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai
- Motif Batik Bali Singa Barong
- Motif Batik Bali Ulamsari Mas
- Motif Batik Bali Jagatan Pisang
- Motif Batik Bali Penari Bali

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel