Makna Motif Ayam Alas Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat

Makna Motif Ayam Alas Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat - Daerah Indramayu merupakan salah satu daerah pesisir sebagai penghasil seni kerajinan batik dengan beraneka ragam motif yang menjadi ciri kedaerahan Indramayu Jawa Barat.

Keindahan motif batik Indramayu dibuat oleh para perajin terampil yang sebagian besar dari motifnya terinspirasi dari budaya, alam, fenomena di daerah yang terletak di pesisir pulau Jawa yang sebagian besar dari masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Makna Motif Ayam Alas Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat

Seiring dengan perkembangan roda zaman membatik dikerjakan oleh para wanita yang bertujuan menambah income keluarga saat para suami pergi melaut.

Motif batik yang dibuat salah satunya adalah batik Indramayau motif Ayam Alas. Ayam alas adalah binatang ayam yang hidupnya di hutan. Ayam alas memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan ayam yang piaraan. Kelebihan ayam alas yaitu ayam tersebut bisa terbang.

Motif batik Indramayu ayam alas merupakan sebuah penggambaran alam yang terdapat di daerah Indramayu pada zaman dahulu terutama Indramayu dibagian selatan yang banyak ditemukan alas atau hutan dan aneka satwa yang terdapat didalamnya.

Penggambaran motif Ayam alas berupa ormamen atau ragam hias daun yang menjuntai, ranting ayam yang berbulu lebat.

Demikian ulasan artikel seputar keunikan Makna Motif Ayam Alas Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat. Dapatkan artikel menarik lainya seputar kesenian daerah yang berasal dari Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel