Keindahan Ornamen Batik dan Ciri Seni Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat

Keindahan Ornamen Batik dan Ciri Seni Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat - Dari beragam batik di nusantara terdapat banyak ragam ornamen batik dengan corak yang khas antara daerah satu dengan daerah lainya. Hal ini menunjukan kekayaan batik nusantara yang semakin beragam.

Keindahan Ornamen Batik dan Ciri Seni Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat

Motif batik daerah merupakan sebuah ekspresi seniman dalam menciptakan sebuah karya seni dalam selembar kain batik. Pada umumnya motif batik yang dibuat oleh para perancang dan penggiat batik tidak terlepas dari alam, budaya, fenomena dan masih banyak lagi hal - hal lain yang melatarbelakangi dalam pembuatan motif batik.

Keindahan yang muncul pada batik dan berciri kedaerahan salah satunya adalah batik Indramayu yang terletak di Provinsi Jawa Barat atau daerah pesisir pulau Jawa sehingga batik Indramayu dikelompokan seni batik pesisir.

Corak motif batik Indramayu mempunyai ciri khas tersendiri sebagai karya seni batik kedaerahan yang tidak ditemui pada batik didaerah lain walau terdapat kesamaan dengan ragam hias batik daerah lain.

Pewarnaan batik dan gaya motif batik Indramayu memberikan ciri tersendiri sehingga corak batik Indramayu berbeda dengan batik dari daerah lain. Pembuatan motif batik Indramayu juga merupakan penggabungan Kebudayaan asing dan kebudayaan lokal. Seperti pengaruh lingkungan pesisir, adat istiadat, religius keagamaan dan sebagainya.

Demikian ulasan seputar Keindahan Ornamen Batik dan Ciri Seni Ragam Hias Batik Indramayu Jawa Barat. Dapatkan artikel menarik lainya seputar kesenian yang berasal dari daerah Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel