Keindahan dan Keunikan Pembuatan Ornamen Batik Indramayu Motif Banji

Keindahan dan Keunikan Pembuatan Ornamen Batik Indramayu Motif Banji - Batik Indramayu dibuat dengan berbagai unsur kebudayaan yang melatarbelakanginya. Letak daerah Indramayu yang dekat dengan perairan laut Jawa sehingga karya seni batik yang dihasilkan dari daerah tersebut dikelompokan sebagai batik pesisiran.

Keindahan dan Keunikan Pembuatan Ornamen Batik Indramayu Motif Banji

Batik yang diciptakan masyarakat Indramayu salah satunya adalah batik Dermayon. Adapun keindahan dan keunikan batik pesisir ini baik dari segi visual dan proses pembuatan batik.

Motif batik Indramayu merupakan sebuah karya seni nusantara  yang menggambarkan kondisi alam dan budaya lokal setempat seperti flora dan fauna kemudian diaplikasikan pada selembar kain batik, misalnya Jarot Asem (Asem Jawa), Dara Kipu, flora atau fauna laut Gaggang dan Urang Ayu.

Sedangkan batik Dermayon motif - motifnya terinspirasi dari  makhluk laut serta ornamen - ornamen yang berasal dari Cina.

Motif - motif yang dibuat pada batik Dermayon tidak terlepas dari letak daerah Indramayu yang berada di daerah pesisir sebagai tempat singgah pendatang dari negara asing dan mengembangkan budayanya didaerah tersebut.

Budaya yang berkembang antara budaya Cina dan Jawa tercermin pada motif batik Indramayu yaitu berupa sayapa ganda atau mirong dan ornamen bunga - bunga yang berasal dari Cina.

Adapun keunikan yang dimiliki pada motif batik khas Indramayu yaitu titik - titik halus yang disebut Cocohan. Cocohan dibuat dengan menggunakan serangkaian jarum yang ditusukan pada permukaan kain pada saat kain ditutup lilin, sehingga menghasilkan titik - titik halus setelah diwarnai.

Motif Banji adalah salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin batik Indramayu. Pembuatan motif banji ini menggunakan ornamen banji murni pada latar dan hiasan lunglungan atau motif tumbuhan.

Bandji berasal dari bahasa Tionghoa yaitu "ban" dan dzi". Ban artinya sepuluh dan "dzi" artinya melambangkan murah rezeki dan kebahagiaan yang berlipat ganda.

Demikian ulasan seni batik dan Keindahan dan Keunikan Pembuatan Ornamen Batik Indramayu Motif Banji. Dapatkan artikel menarik lainya seputar kesenian yang berasal dari daerah Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel