Makna Filosofi Ornamen Batik Motif Singa Barong Cirebon

Makna Filosofi Ornamen Batik Motif Singa Barong Cirebon - Cirebon merupakan daerah tempat tumbuh berbagai jenis kesenian tradisional yang dikenal sebagai seni tradisional yang berasal dari Cirebon. Salah satu jenis kesenian yang terkenal dari daerah Cirebon selain tari tradisional adalah seni batik atau ragam hias batik.

Makna Filosofi Ornamen Batik Motif Singa Barong Cirebon

Sesuai dengan awal mula keberadaan Cirebon kesenian batik dibentuk dari berbagai macam budaya yaitu budaya Islam, Budha dan Hindu. Dalam perkembanganya motif batik Cirebon kini dibuat menyesuaikan dengan pasar, sehingga karya yang dihasilkan adlah sebuah perkembangan dari batik yang sudah ada sebelumnya.

Batik Singa Barong adalah sebuah motif batik yang berasal dari Cirebon dan termasuk batik kraton klasik. Motif batik Singa barong Cirebon adalah penggambaran dari jenis binatang mitologi yang berarti ajaib. "Barong" sendiri dapat kita jumpai pada budaya Jawa dan Budaya Bali dan bahkan di Bali terdapat batik motif Singa Barong Bali

Ornamen batik Singa Barong Cirebon dibentuk dari empat jenis binatang yang digabung menjadi sebuah motif yang unik dan khas. Perwujudan Singa merupakan gabungan dari bentuk singa dan macam (tubuh, kaki dan mata.

Bentuk pada garuda mengambil dari bagian sayap, hewan gajah diambil pada bagian belalai dan bagian hewan naga dengan bentuk mulut yang menyeringai dengan lidah menjulur. Dari keempat jenis binatamg tersebut merupakan sebuah lambang kekuatan dan keperkasaan.

Bentuk belalai yang melingkar diatas kening dengan memegang senjata trisula memberikan kesan tegas dan menambah munculnya ekspresi, kekuatan dan pengaruhnya.

Adapun makna filosofi dari para tokoh Kraton Kasepuhan Cirebon yang memaknai motif batik Singa barong pada motif garuda bersayap seperti buraq atau bauraq yang melambangkan agama islam, Gajah melambangkan agama Hindu di India, Asia Timur dan Asia Tenggara. Naga lambang agama Budha lambang budaya China dan Singa lambang agama protestan budaya Eropa barat.

Sedangkan pendapat lain memaknai motif singa barong dengan pendekatan alam yaitu : api (singa), angin (sayap), bumi (gajah), serta air (naga). Gabungan dari berbagai unsur binatang pada motif batik Singa Barong melambangkan kebesaran, keperkasaan atau keagungan bagi yang mengenakan batik singa barong tersebut.

Demikian seputar ulasan Makna Filosofi Ornamen Batik Motif Singa Barong Cirebon. Dapatkan ulasan seputar kesenian yang berasal dari daerah Cirebon dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel