Makna Ragam Hias Batik Motif Singa Barong Bali

Makna Ragam Hias Batik Motif Singa Barong Bali - Batik adalah karya seni hingga sekarang terus dikembangkan oleh pengrajin batik. Keindahan corak batik yang beranekaragam memberikan nilai dan apresiasi tersendiri sebagai karya seni yang unik dan cenderung mencerminkan sebagai suatu karya seni daerah.

Makna Ragam Hias Batik Motif Singa Barong Bali

Keberagaman di Indonesia adalah sebuah wujud dari kepedulian akan keberadaan alam dan budaya dan lingkungan sekitar maka tidak heran motif -motif pada batik antara daerah satu dengan lainya berbeda corak. Begitupun dari segi makna baik makna simbolis maupun simbolis pada corak batik yang beragam makna.

Pulau Bali yang dikenal juga dengan julukan Pulau Dewata merupakan daerah penghasil batik yang unik dengan ciri batik kedaerahan ditinjau dari segi bahan yang digunakan, warna yang digunakan dalam pembuatan batik dan masih banyak lagi ciri - ciri batik daerah Bali. Motif batik Bali salah satunya adalah motif batik Singa Barong.

Motif batik Singa barong adalah batik yang berasal dari Bali yang dibuat oleh tangan - tangan terampil pengrajin Bali dengan menggabungkan bahan pewarna alam dan pembuatan motif langsung dari tangan pengrajin.

Bahan yang digunakan dalam membuat batik Bali adalah kain mori yang digambar motif batik dan diwarnai sedemikian rupa. Aroma yang ditimbulkan pada batik Bali juga sangat khas yang berasal dari bahan pewarna alami kulit kayu dan bahan pewarna alami lainya serta bobot kain yang lebih berat dari kain batik di daerah lain. Menurut informasi yang beredar batik bali memiliki nilai jual yang tinggi.

Motif batik Singa Barong Bali secara visual lebih seram diantara motif batik Bali motif batik Buketan dan sebagainya. Kata Barong banyak ditemukan pada kesenian Jawa dan Bali yang bermakna "ajaib". Singa Barong merupakan binatang mitologis atau tidak nyata dalam realitas kehidupan.

Wujud Singa Barong merupakan gabungan dari bagian tubuh binatang singa atau macam pada bagian tubuh, kaki dan mata. Garuda pada bagian sayap, Gajah pada bagian belalai dan naga pada bagian mulut yang menyeringai dengan lidah menjulur dan panjang.

Gabungan dari beberapa bagian tubuh binatang bermakna kekuatan dan keperkasaan dan yang lebih ekspresif dari kekuatan dan pengaruhnya Singa barong dengan belalai yang melingkar ke atas keningnya dengan memegang trisula pada bagian ujung depan dan belakang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel