Ragam Hias Batik Motif Ndulit Sisik Bandeng Gresik Jawa Timur

Ragam Hias Batik Motif Ndulit Sisik Bandeng Gresik Jawa Timur - Motif batik nusantara beranekaragam corak dan makna yang terkandung didalamnya. Pembuatan Motif batik nusantara pada umumnya dibuat sebagai wujud pelestarian budaya daerah Gresik.

Ragam Hias Batik Motif Ndulit Sisik Bandeng Gresik Jawa Timur

Dari berbagai ragam jenis motif batik yang diproduksi hampir disetiap daerah memiliki berbagai keunikan, keindahan yang beranekaragam. Keindahan dan keunikan yang tampak dibuat  oleh para perajin batik daerah yang mencerminkan budaya daerah setempat.

Salah satu motif batik yang memiliki ciri dan keunikan yang khas adalah motif batik Ndulit Sisik Bandeng batik yang benuansa tradisional berasal dari Gresik Jawa Timur. Motif Ndulit Sisik Bandeng  juga menjadi ikon batik khas daerah Gresik dan satu produk unggulan.

Nama batik ndulit sisik bandeng proses pembuatan pewarnaanya dengan cara dioleskan dengan menggunakan kanvas dari batang rotan. Sedangkan sisik bandeng pada motif batik merupakan diambil dari budaya masyarakat Gresik sebagai penghasil ikan bandeng.

Proses Pembuatan Batik Ndulit Sisik Bandeng :
  • Mendesain pada kain putih polos menggunakan pensil dari pola yang sudah ada.
  • Menorehkan malam dan lilin menggunakan canting mengikuti pola coretan pensil sebelumnya yang tergambar pada kain putih.
  • Ndulit mewanai motif dengan menggunakan kanvas dari rotan.
  • Nembok yaitu proses menutup warna dengan menggunakan malam atau lilin.
  • Nglorot, Proses menghilangkanmalam dengan mencelupkan kain batik kedalam air mendidih.
  • Pewarnaan total dikerjakan selesai proses nglorot kemudian kain dicuci bersih dan dicelupkan pada pewarna selanjutnya dikeringkan hanya diangin- anginkan dan hindari terpaan sinar matahari secara langsung sehingga warna tidak luntur.
Demikian ulasan seputar seni batik Ragam Hias Batik Motif Ndulit Sisik Bandeng Gresik Jawa Timur. Dapatkan juga ulasan seputar kesenian daerah yang berasal dari Gresik Jawa timur dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel