Keindahan Ragam Hias Batik Lokcan dan Unsur Hias Motif Burung Lokcan Indramayu

Keindahan Ragam Hias Batik Lokcan dan Unsur Hias Motif Burung Lokcan Indramayu - Lokcan merupakan sebuah karya seni batik yang berkembang di wilayah Indramayu yang terbentuk dari pengaruh budaya Tiongkok. Lokcan merupakan burung yang dibawa oleh tentara Tartar. Pada awalnya bahan batik Lokcan menggunakan bahan Sutera  dalam bahasa Cina Lok yang berati warna biru dan Can berarti bahan sutera.

Dalam perkembanganya kini batik Lokcan menggunakan bahan katun prismis super halus yang diwarna sedemikian rupa sehingga secara visual terlihat menarik dengan harga terjangkau.
 
Keindahan Ragam Hias Batik Lokcan dan Unsur Hias Motif Burung Lokcan Indramayu

Terdapat ciri khusus atau motif utama yang paling menonjol yang terdapat pada batik Lokcan yaitu berupa gambar gambar sayap burung. Selain berbentuk saya ada juga anggapan bentuk gambar yang menyerupai selendang penari.

Bentuk gambar yang menyerupai selendang pada batik Lokcan merupakan sebuah wujud kesatuan dari  kesenian tari Topeng Indramayu yang menggunakan atribut selendang dalam setiap pertunjukanya.

Terlepas dari atribut selendang penari Topeng Indramayu, secara visual ornamen burung Lokcan terdiri dari empat sayap dan satu ekor yang semakin menambah nilai keindahan pada motif tersebut.

Hiasan - hiasan yang digoreskan pada ornamen motif Lokcan yaitu pada bentuk sayap dengan memberikan isen - isen sawut dan hiasan ukel pada sayap bagian luar. Sedangkan pada bagian ekor dihias dengan isen - isen sawut.

Pada bagian badan dihias dengan menggunakan isen - isen sawut dan seluruh badan motif burung Lokcan dihias dengan isen - isen Cecek.

Demikian ulasan seputar kesenian daerah Keindahan Ragam Hias Batik Lokcan dan Unsur Hias Motif Burung Lokcan Indramayu. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar seni budaya daerah yang berasal dari Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel