Keunikan Makna dan Pola Ragam Hias Batik Depok

Keunikan Makna dan Pola Ragam Hias Batik Depok - Karya seni batik nusantara telah dikenal lama sejak zaman dahulu kala oleh masyarakat Indonesia khususnya pulau Jawa. Motif - motif yang diciptakan oleh para pembatik pada zaman dahulu mengangkat budaya dan benda - benda alam daerah setempat.

Keunikan Makna dan Pola Ragam Hias Batik Depok

Keunikan batik yang dibuat oleh para pembatik merupakan sebuah karya seni dengan unsur daya kreativitas yang mencerminkan pada zamanya. Seiring dengan perkembangan batik sendiri kini hampir disetiap daerah terdapat sentra batik sebagai wujud pelestarian budaya daerah selain berfungsi untk meningkatkan hidup masyarakat.

Depok merupakan salah satu daerah penghasil seni batik yang mulai dikenal oleh masyarakat Depok pada tahun 2007. Seni batik Depok dibuat bukan semata - mata sebagai karya seni daerah tetapi terdapat kandungan makna yang erat kaitanya dengan budaya Depok.

Batik Depok juga memiliki ciri khusus kedaerahan yaitu dalam hal pewarnaan batik yang khas. Warna - warna yan digunakan pada corak batik Depok diantaranya warna :

- Kuning keemasan
- Merah Marun
- oranye
- Biru
- Biru tua yang digunakan sebagai warna dasar atau background kain batik.

Motif bati Depok juga menggunakan pola batik megamendung yang mengandung makna cita - cita tingi dan semangat. Adapun motif lainya yang digunakan pada batik Depok yaitu motif Jembatan Panus, Margonda, Bati Gedung Tua dan motif - motif yang menggambarkan sejarah kota Depok.

Dari uraian tersebut betapa masyarakat Depok peduli dengan budaya pada zaman dahulu. Dengan dibuatnya motif batik khas Depok diharapkan kota Depok lebih dikenal dengan industri batik dan karya - karya batik yang berasal dari Depok lebih dikenal masyarakat Indonesia dan menjadi karya seni kebanggaan kota Depok.

Demikian ulasan seputar Keunikan Makna dan Pola Ragam Hias Batik Depok. Dapatkan juga ulasan seputar kesenian daerah yang erdapat di daerah Depok jawa barat dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel