Keindahan Ragam Hias Batik Patran Keris Cirebon

Keindahan Ragam Hias Batik Patran Keris Cirebon - Batik Cirebon juga disebut batik pesisiran yang erat kaitanya dengan gerakan tarekat  yang berada di Banjarmasin Kalimantan selatan. Keunikan batik Cirebon ditinjau dari segi motif dan pewarnaanya beragam dan beragam pula makna yang terkandung di dalamnya.

Keindahan Ragam Hias Batik Patran Keris Cirebon

Kegiatan membatik pada zaman dahulu dikerjakan oleh anggota tarekat  yang tinggal di desa Trusmi tepatnya di sebelah barat daya Cirebon. Kelompok anggota tarekat mengabdi di keraton Cirebon dan dijadikan sebagai sumber pendapatan kelompok mereka. Munculnya kegiatan membatik tidak terlepas dari peranan Ki Gede Trsumi yaitu pengikut setia Sunan Gunung Jati yang menyebarkan agama Islam salah satunya dengan melalui kegiatan membatik.

Perkembangan batik Cirebon yang ada sekarang ini merupakan hasil dari para penggiat batik di Cirebon. Hasil karya motif batik kini merupakan sebuah batik yang telah dikembangkan dari motif - motif batik klasik Cirebon. Salah satu motif batik klasik Cirebon selain motif megamendung, singa payung, dan singa barong adalah motif Patran keris

Batik Patran keris juga termasuk batik keraton Kasepuhan dan keraton Kanoman. Secara visual motif batik Patran keris mengangkat tema tumbuh - tumbuhan. Keindahan pada motif batik patran keris terkenal hingga berbagai negara salah satu negara yang memesan batik Patran keris Cirebon adalah negara Jepang yang digunakan sebagai bahan kimono.

Demikian ulasan Keindahan Ragam Hias Batik Patran Keris Cirebon. Dapatkan ulasan seputar kesenian motif batik lainya yang berasal dari Cirebon juga seni dan budaya tradisional maupun modern dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel