Makna, Gerakan Tarian dan Keunikan Seni Tari Tradisional Depok Jawa Barat

Makna, Gerakan Tarian dan Keunikan Seni Tari Tradisional Depok Jawa Barat - Kesenian tradisional di Indonesia terdiri dari berbagai macam ragam jenis. Hampir disetiap daerah di Indonesia terdapat kesenian tradisional dengan keindahan dan keunikanya masing - masing. Salah satu kesenian tradisional asli Indonesia adalah tari tradisional.

Adapun makna yang terkandung dari setiap karya seni yang diciptakan dari setiap daerah. Pada umumnya makna yang terkandung pada karya seni tradisional nusantara cenderung tentang budaya daerah. Sedangkan dari segi fungsinya tarian tradisional dipentaskan untuk beranekaragam fungsi, misalnya untuk upacara adat, upacara ritual tradisi daerah dan masih banyak lagi fungsi pementasan tarian tradisional.

Seiring dengan perkembangan zaman tari tradisional dipentaskan lebih beragam fungsi misalnya seperti festival budaya, daya tarik wisatawan sebagainya. Hal itu tidak terlepas dari wujud kepedulian terhadap seni tradisional yang tetap dilestarikan keberadaanya.

Keunikan dan keindahan dari pertunjukan tari tradisional salah dapat kita jumpai didaerah Jawa barat tepatnya di Depok provinsi Jawa barat. Kata Depok berasal dari bahasa Sunda yaitu pertapaan atau bertapa. Adapun yang kata Depok berasal sebuah akronim dari De Eerste Protestants Onderdaan Kerk yang artinya adalah Gereja Kristen Rakyat Pertama.

Terlepas dari itu semua banyak dijumpai sangar tari yang terdapat diwilayah tersebut juga sanggar tari di sekolah - sekolah di Depok. Terdapat juga pust pengembangan tari di Fakultas Seni budaya Universitas Indonesia.

Berikut ini terdapat tiga tari tradisional kota Depok yaitu :
  • Tari Godeg Ayu
  • Tari Tari Topeng Cisalak
  • Tari Nayuban
  • Tari Godeg Ayu
Tarian yang diciptakan dengan berpijak dari kesenian topeng Cisalak Depok Jawa Barat. Pencipta tari Godeg Ayu adalah Seorang Sarjana Seni yaitu  Wulandari S. Sn yang berasal dari Sangga Tari Ayodya Pala.
Makna, Gerakan Tarian dan Keunikan Seni Tari Tradisional Depok Jawa Barat

Makna yang terkandung dalam gerakan tari tersebut menggambarkan kehidupan gadis yang menginjak dewasa dengan kodratnya yang khas, pribadi yang penuh harapan, cita - cita dan cinta yang tidak terlepas dari rintangan dalam kehidupanya. Tari Godeg Ayu dipentaskan secara kelompok.

  • Tari Topeng Cisalak
Tari Topeng Cisalak pertama kali muncul pada tahun 1918 yang bernama topeng Kinang yang dipelopori Djioen dan Mak Kinang.

Gerakan tari tergolong unik dan beberapa gerakan dasar sebagai tarian pembuka seperti rapat nindak, tenggang rapat, pakbang dan blongter. Gerakan yang mempesona dengan senyum simpul godaan para nayaga yang berada di balik tirai.
 
Makna, Gerakan Tarian dan Keunikan Seni Tari Tradisional Depok Jawa Barat

Gerakan selanjutnya adalah penari membelakangi penonton dengan menggoyangkan pinggul. Kemudian pada tahap selanjutnya tarian topeng pembuka penari mengambil topeng berwarna putih ari tiga tarian yang dimainkan dalam tarian topeng tunggal

Topeng warna putih yang dikenakan penari melambangkan kelembutan begitupun dipentaskan gerak tarian yang lemah lembut. Topeng putih merupakan topeng panji.

Gerakan tarian lembut merupakan gerakan tari untuk menyambut penonton dalam pementasan tari topeng Cisalak maupun topeng Betawi. Gerakan selanjutnya penari membalik badan membelakangi penonton usai mengenakan topeng panji dan penari mengenakan topeng warna merah muda (topeng sanggah).
  • Tari Nayuban Depok 

Makna, Gerakan Tarian dan Keunikan Seni Tari Tradisional Depok Jawa Barat

 
Tari nayuban Depok  merupakan tari khas Depok dan merupakan tari cikal bakal tarian doger kawarnag dan tari jaipong Jawa barat.

Demikian ulasan artikel Makna, Gerakan Tarian dan Keunikan Seni Tari Tradisional Depok Jawa Barat. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar seni budaya daerah Depok Jawa barat di situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel