Makna Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Kembang Suket

Makna Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Kembang Suket - Batik Indramayu merupakan karya seni batik yang tampak pada motif - motifnya menggambarkan alam, budaya daerah Indramayu dengan kombinasi warna pada kain sehingga menampilkan karya seni yang unik berciri kedaerahan.

Susunan batik Indramayu terkesan dinamis dan ritmis, bentuk lengkung serta garis yang meruncing yang disebut dengan ririan belatar putih dan warna gelap yang tidak mengandung makna simbolis secara khusus.

Makna Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Kembang Suket

Pembuatan ornamen batik Indramayu tergolong unik yaitu dengan memberikan titik - titik atau cecek dengan cara menusukan jarum pada kain pada sat diwarnai. Motif isen - isen pada motif batik Indramayu menggunakan garis halus pendek atau disebut dengan sawut yang menambah keindahan pada motif batik.

Warna - warna yang digunakan pada motif batik terdapat dua jenis warna yaitu warna biru da merah maroon yang dikombinasi dengan warna latar yang lebih cerah.

Pembuatan motif batik Indramayu banyak dipengaruhi oleh letak geografis, sifat, adat istiadat, sistem kepercayaan, tatanan kehidupan daerah setempat, alam  benda serta hubungan antar daerah pembatikan.

Salah satu jenis motif batik Indramayu yaitu motif Kembang Suket.

Kembang suket adalah kata yang berasal dari bahasa  setempat, Kembang berarti bunga yang biasanya dipakai untuk memaknai keindahan, keanggunan dan arti serupa. Suket diartikan tumbuhan rumput yang banyak dijumpai di pekarangan rumah penduduk Indramayu yang dimaknai rakyat biasa atau wong cilik.

Adapun makna yang terdapat pada goresan motif Kembang Suket dari daerah pesisir ini yaitu " rakyat biasa harus memiliki daya tarik atau kemampuan, meskipun berasal dari kalangan bawah tetap harus berusaha dan belajar supaya memiliki prestasi yang membanggakan".

Demikian ulasan Makna Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Kembang Suket. Dapatkan keunikan kesenian yang berasal dari daerah Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel