Unsur Hias Batik Lockan Indramayu Motif Dahan Dan Ranting

Unsur Hias Batik Lockan Indramayu Motif Dahan Dan Ranting - Ragam hias batik tersusun dari berbagai motif. Motif - motif batik berupa gambar yang disusun sedemikian rupa agar batik tetap menampakan keindahan motif. Hal itu dapat kita jumpai pada batik - batik khas daerah nusantara yang beragam.

Motif batik kedaerahan dibuat dengan bentuk - bentuk unik berupa gambar ornamen yang diciptakan oleh perancang batik. Ornamen batik yang dibuat oleh seorang perancang batik ada sebagian bersumber dari alam sekitar, sehingga tidak sedikit motif - motif batik berbentuk tumbuhan.

Unsur Hias Batik Lockan Indramayu Motif Dahan Dan Ranting
Keindahan yang tampak pada batik dibentuk oleh berbagai unsur hias atau motif tambahan. Salah satu batik yang terdiri dari beberapa unsur hias adalah batik Lokcan Indramayu Jawa Barat.

Unsur hias batik Lokcan selain motif Juanaan yaitu motif dahan dan ranting yang selalu diterapkan pada batik yang dikenal batik Paoman.

Dahan dan ranting pada unsur hias batik Lokcan tidak terlepas dengan letak wilayah daerah Indramayu yang terdapat sawah dan rawa - rawa dan tumbuh tanaman liar. Wujud kepedulian terhadap lingkungan tampak pada karya batik yang menjadikan tumbuhan liar sebagai unsur motif batik Lokcan. 

Isen - isen yang tertoreh pada motif dahan dan ranting menggunakan isen cecek dan isen sawut.

Unsur motif yang paling menonjol pada batik Lokcan  yaitu motif burung Lokcan ditinjau dari segi ukuran motif burung Lokcan lebih menonjol dibanding dengan motif pendukung lainya yang terdapat pada selembar kain batik Lokcan.

Batik Lokcan terbentuk dari berbagai ragam unsur motif yang ditata berulang pada kain batik tampak selaras dan seimbang dengan menonjolkan motif burung Lokcan sebagai motif utama batik.

Demikian ulasan seputar Unsur Hias Batik Lockan Indramayu Motif Dahan Dan Ranting. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar kesenian daerah yang berasal dari Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel