Unsur Ragam Hias Batik Suket Motif Kembang Suket Indramayu

Unsur Ragam Hias Batik Suket Motif Kembang Suket Indramayu - Kembang suket merupakan salah satu jenis motif batik yang berasal dari Indramayu. Kembang Suket berasal dari bahasa setempat kembang artinya bunga dan suket artinya rumput.

Rumput merupakan tanaman liar yang tumbuh dan banyak dijumpai di sekitar pekarangan rumah yang diaplikasikan ke dalam bentuk motif pada selembar kain batik.

Unsur Ragam Hias Batik Suket Motif Kembang Suket Indramayu

Dalam pembuatan motif kembang suket perancang batik tidak sekedar menggambar bentuk suket atau rumput secara visual saja tetapi motif batik yang dibuat berbentuk suket diberikan goresan - goresan motif atau isen - isen sehingga motif batik kembang suket terlihat indah dan menarik.

Motif Kembang suket adalah motif utama batik Suket yang artinya motif kembang suket lebih mendominasi dari beberapa motif hias yang tergambar pada kain batik suket, sehingga oleh para penggiat batik menamai kain batik yang dibuatnya dengan batik Kembang Suket.

Pada umumnya penamaan batik Indramayu diambil dari motif yang paling mendominasi mengisi bidang kain, selain kembang suket juga terdapat batik Lokcan yang motifnya berupa burung Lokcan mendominasi bidang kain batik.

Secara visual motif kembang suket berbentuk bulat dan  di setiap bunga terdiri dari tiga kelopak. Adapun motif - motif yang menambah keindahan dari motif kembang suket yaitu dengan diberikan goresan - goresan pada daun dengan isen -isen batik sawut dan cecek.

Ukuran panjang dan lebar motif Kembang suket 3 cm x 3 cm diukur dari kelopak satu dengan kelopak yang sejajar. Sedangkan untuk ukuran daun motif kembang suket tidak ditentukan sehingga dibuat dengan ukuran panjang yang berbeda - beda.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel