Ragam Hias Batik Satwa Lamongan Jawa Timur Motif Kepiting

Ragam Hias Batik Satwa Lamongan Jawa Timur Motif Kepiting - Keindahan batik muncul berupa ornamen - ornamen yang pada selembar kain batik. Keindahan yang ditimbulkan pada motif batik tidak terlepas dari bentuk benda - benda alam sekitar.

Karya seni batik yang dihaslkan antara daerah satu dengan yang lain berbeda - beda dan tidak menutup kemungkinan adanya interaksi budaya batik berupa motif, warna dan sebagainya antara daerah satu dengan lainya saling berkaitan.
Ragam Hias Batik Satwa Lamongan Jawa Timur Motif Kepiting

Secara umum batik daerah merupakan sebuah karya seni yang mencerminkan kondisi alam, budaya, peristiwa daerah, cerita rakyat dan sebagainya sebagai sumber ide dalam pembuatan motif, sehingga banyak dijumpai motif - motif batik yang beraneka ragam.

Sumber ide dalam pembuatan motif batik yang paling banyak di buat adalah motif flora atau motif tumbuhan. Motif tumbuhan hampir dibuat oleh setiap daerah penghasil batik dengan bentuk motif yang beragam pula.

Sumber ide lain yang menginspirasi dalam pembuatan motif batik yaitu satwa yang hidup di darat, udara maupun satwa yang hidupnya di air. Motif batik yang terinspirasi dari satwa yang hidupnya di air yaitu motif batik Kepiting Lamongan Jawa Timur.

Kepiting merupakan hewan yang hidupnya di air yang menjadi sumber ide dalam membuat motif batik yang dikenal dengan batik motif kepiting yang berasal dari Lamongan Jawa timur berupa bentuk kepiting yang tergambar pada selembar kain batik.

Batik kepiting merupakan sebuah ekspresi seniman batik yang berupaya untuk melestarikan budaya batik dengan menciptakan motif kepiting sebagai sumber ide. Kepiting adalah salah satu ciri khas hewan tangkapan nelayan Lamongan Jawa yang terletak di daerah pesisir pantai.

Selain daerah Lamongan yang terletak di daerah terdapat daerah pesisir diantaranya motif batik daerah Indramayu, Gresik dan sebagainya yang memanfaatkan potensi alam sebagai sumber ide dalam membuat motif batik daerah.

Demikian ulasan seputar motif batik corak satwa lamongan jawa timur, ragam hias batik yang berasal dari jawa timur dikenal dengan batik jawatimuran. Motif satwa pada karya seni batik Lamongan adalah motif batik kepiting. 

Dapatkan artikel ulasan menarik seputar kesenian daerah yang berasal dari Lamongan Jawa timur di situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel