Makna Keindahan Ragam Hias Batik Jambi Motif Merak Ngeram

Makna Keindahan Ragam Hias Batik Jambi Motif Merak Ngeram - Batik adalah karya seni dua dimensi yang dibuat pada selembar kain yang terdiri dari hiasan - hiasan yang disebut dengan motif batik. Motif batik yang digambar pada selembar kain sangatlah beraneka ragam yang pada umumnya terinspirasi dari benda  - benda alam, budaya daerah setempat dan sebagainya.

Dari beberapa daerah penghasil kain batik salah satunya adalah batik Jambi yang memiliki ciri khas pada motif batik secara visual. Keunikan yang ditimbulkan pada batik Jambi tidak terlepas dari bentuk motif dan pewarnaan yang cenderung sederhana dan bentuk motif yang berdiri sendiri - sendiri atau tidak berangkai.

Makna Keindahan Ragam Hias Batik Jambi Motif Merak Ngeram

Dalam perkembanganya batik Jambi yang dibuat dengan motif yang rumit tidak menutup kemungkinan batik tersebut merupakan batik pengembangan baru yang muncul pada sekitar tahun 80 an.

Ragam hias atau motif batik Jambi oleh para perajin batik Jambi memudahkan dalam memberikan nama terhadap batik tersebut. Nama batik Jambi diberikan sesuai dengan satu bentuk motif, Misalnya motif bungo keladi.

Adapun motif batik daerah Jambi yang dibuat para perajin dalam menuangkan ide dan gagasanya kedalam sebuah motif batik yaitu batik Jambi motif Merak Ngeram.

Motif Merak Ngeram secara visual memiliki bentuk yang sangat indah dengan warna latar kain batik berwarna hitam. Selain keindahan pada batik motif Merak Ngeram motif tersebut juga mengandung makna yang mendalam.

Makna yang terkandung pada motif Merak Ngeram adalah yaitu jasa pengorbanan dan kasih sayang seorang ibu sangatlah besar, oleh karena itu hormatilah beliau.

Demikian ulasan seputar Makna Keindahan Ragam Hias Batik Jambi Motif Merak Ngeram, dapatkan ulasan menarik seputar kesenian daerah yang berasal dari Jambi dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel