Unsur Ragam Hias Batik Lokcan Indramayu Motif Juanaan

Unsur  Ragam Hias Batik Lokcan Indramayu Motif Juanaan  - Keindahan batik terbentuk dari berbagai unsur - unsur goresan yang disebut dengan motif isen - isen batik atau yang dikenal dengan motif tambahan. Motif tambahan dapat kita jumpai pada banyak jenis motif batik daerah.

Unsur Ragam Hias Batik Lokcan Indramayu Motif Juanaan

Motif - motif tambahan pada batik berfungsi untuk memberikan nilai indah pada motif pokok dari sebuah motif batik. Motif pokok pada umumnya digunakan untuk menyebut nama suatu motif batik.

Motif pokok adalah motif yang paling menonjol pada motif batik. Salah satu motif yang paling menonjol dan digunakan untuk menyebut nama batik, yaitu Batik Lokcan atau batik pesisir yang terletak di provinsi Jawa barat.

Batik Lokcan dibentuk dari berbagai motif tambahan atau hiasan yang menimbulkan nilai indah pada motif pokok. Unsur hias yang terdapat pada batik Lokcan yaitu motif Juanaan.

Motif Juanaan berupa gambar berbentuk melingkar menjadi satu. Adapun makna motif Juanaan yaitu menggambarkan simbol persatuan dan persaudaraan masyarakat Indramayu dengan para pendatang Juana Jawa Tengah.

Motif isen - isen yang digunakan pada motif tambahan Juanaan adalah motif isen sawut pada bagian dalam dan isen cecek pada bagian luar. Motif Juanaan berbentuk bulat dan melingkar yang membentuk satu kesatuan.

Demikian ulasan seputar keunikan batik dan Unsur Ragam Hias Batik Lokcan Indramayu Motif Juanaan. Dapatkan artikel menarik lainya seputar kesenian daerah yang berasal dari Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel