Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jawa Timuran Daerah Tuban Batik Palangan

Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jawa Timuran Daerah Tuban Batik Palangan - Tuban merupakan daerah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa timur. Selain jenis seni pertunjukan tradisional Tayub di daerah tersebut terdapat seni kerajinan batik yang terkenal yang dikenal dengan motif batik Tuban.

Corak batik Tuban dipengaruhi oleh nilai budaya, islam jawa dan Tiongkok. Pengaruh budaya Tiongkok pada batik Tuban terlihat pada ornamen bati tulis berupa gambar burung "hong" yang merupakan ciri dari budaya Tiongkok.

Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jawa Timuran Daerah Tuban Batik Palangan

Pengaruh budaya jawa pada batik Tuban yaitu menggambarkan motif - motif tumbuhan berupa bunga dan bagian tumbuhan lainya. Motif batik flora adalah motif tradisional yang telah lama dibuat hampir diseluruh daerah Indonesia.

Pengaruh budaya Islam pada batik tulis Tuban yaitu tampak pada motif batik dengan suasana religius dan nama - nama religius menggunakan bahasa setempat misalnya Kijing Miring.

Kain batik daerah Tuban Jawa timur telah mengalami perkembangan yang pada awalnya kain batik digunakan dalam keperluan tertentu saja misalnya untuk upacara tradisional daerah masyarakat Tuban seperti sedekah bumi, keperluan hajatan pernikahan dan pemakaman.

Perkembangan kain batik Tuban kini digunakan tidak saja untuk upacara adat tetapi telah berkembang pada penggunaanya yaitu digunakan untuk hiasan - hiasan rumah seperti taplak meja, sarung bantal, dekorasi juga baju batik yang bercorak kedaerahan.

Batik Palangan merupakan salah satu motif batik yang berasal dari daerah Tuban Jawa Timur. Batik tersebut berkembang di kecamatan Palang Kabupaten Tuban hingga paciran Lamongan. Walaupun tidak terkenal batik Palangan memiliki keunggulan tersendiri yaitu kain batik yang dihasilkan halus dan harganya mencapai jutaan rupiah.

Batik Palangan ibarat barang antk karena sangat jarang diproduksi selain pembatik yang terbatas sehingga jumlah kain batik sedikit,  pembuatan batik Palang membutuhkan waktu dua bulan untuk menghasilkan perbijinya yang tidak sebanyak batik Gedog dan batik Karang. 

Demikian ulasan motif batik, Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jawa Timuran Daerah Tuban Batik Palangan sebagai warisan budaya yang tetap dijaga keberadaanya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel