Sejarah Seni Ragam Hias Batik Ornamen Batik Gedog Tuban Jawa Timur

Sejarah Seni Ragam Hias Batik Ornamen Batik Gedog Tuban Jawa Timur - Sejarah batik Jawa timur tidak terlepas dari keberadan keraton pada zaman dahulu yang telah menyebar keberbagai daerah diluar keraton. Batik Gedog Tuban Jawa timur merupakan salah satu batik yang memiliki sejarah tersendiri dalam perkembangan budaya batik di Indonesia.

Sejarah awal batik Tuban Jawa timur berupa batik tulis tradisional yang dibuat dalam satu wilayah kecamatan Kerek Tuban yang kemudian menyebar beberapa daerah di Jawa Timur.

Sejarah Seni Ragam Hias Batik Ornamen Batik Gedog Tuban Jawa Timur

Di daerah Kerek tersebut sebagai awal pertama kalinya masyarakat setempat memintal benang dan menenun kain beberapa desa diantaranya di Desa Margirejo, Desa Gaji, Desa Kedongrejo dan Karanglo.

Perkembangan batik tidak sebatas di desa - desa tersebut tetapi dibeberapa desa lainya mulai menghasilkan batik tulis tradisional yaitu Desa Karang, Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding dan Desa Sumurgung Kecamatan Tuban.

Batik Gedog Tuban 

Batik Gedog muncul pertama kalinya pada masa kerajaan Majapahit yang dibawa langsung oleh Laksamana Cheng Ho dari China (Tiongkok). Ciri khusus dari batik tersebut terlihat pada gambar berupa burung Hong yang bernuansa China.

Adapun cerita menarik dari asal mula batik Gedog Tuban ini. Nama batik Gedog diambil dari bunyi proses menenun yang berbunyi "Gedog" yaitu pada saat seorang pengikut Ronggolawe Ki Jontro mengadopsi batik tersebut setelah masuk Tuban. Saat memberontak Majapahit, Ronggolawe dan pengikutnya bersembunyi di hutan.

Dalam persembunyian tersebut ki Jontro dipakai untuk nama alat tenun tradisional untuk membuat pakaian untuk pasukanya. Motif awal pakaian yang terbuat dari kain tenun tersebut berupa garis - garis. Perubahan motif batik dikerjakan setelah terpengaruh dari batik Lokcan yang dibawa oleh Laksamana Cheng ho yang berciri khas gambar burung Hong bernuansa China.

Di ulasan tersebut batik Gedog bukan saja batik yang istimewa selain dalam pembuatan motif tetapi juga motif - motif yang dibuat dari beberapa motifnya pada zaman dahulu hanya dikenakan oleh Pangeran dan dipercaya mampu menyembuhkan penyakit. Batik Tuban Motif Gedog diantaranya :

- Ganggeng
- Kembang Randu
- Kembang Waluh
- Cuken
- Melati Selangsang
- Satriyan
- Kijing Miring
- Likasan Kothong
- Guntingan
- Panjiori
-  Kenongo Uleren
- Panji Krentil
- Panji Serong
- Panji Konang

Ciri batik Gedog secara visual yaitu bercorak sirip pada tepi pada tiap coraknya. Literatur lain mengungkapkan pada zaman dahulu pada zaman Sunan Bonang batik tersebut dipakai oleh pengikutnya dan kini batik peninggalan pengikut Sunan Bonang di simpan di museum Kambang putih. Tuban Jawa Timur adalah asal penamaan batik gedog yang merupakan asal daerah  batik ini.

Demikian ulasan Sejarah Seni Ragam Hias Batik Ornamen Batik Gedog Tuban Jawa Timur dengan  keunikan yang terdapat pada motif batik Gedog, semoga memperkaya akan khasanah seni budaya Indonesia. 

Dapatkan ulasan artikel menarik lainya seputar seni yanag terdapat di daerah Tuban Jawa timur di Situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel