Keunikan Ragam Hias Batik Jambi Dalam Budaya Batik Nusantara

Keunikan Ragam Hias Batik Jambi Dalam Budaya Batik Nusantara - Seiring perkembangan seni kerajinan daerah khususnya seni batik nusantara yang telah terdapat berbagai macam motif batik, batik Jambi memiliki dan keunikan tersendiri diantara ribuan motif batik yang dihasilkan hampir disetiap daerah di Indonesia.

Berbagai macam motif batik daerah ibarat sebuah karya seni yang mampu memberikan identitas suatu daerah melalui ornamen yang tergambar pada kain batik.

Keunikan Ragam Hias Batik Jambi Dalam Budaya Batik Nusantara

Keunikan dan keindahan batik tidak terlepas dari peran perancang batik dalam menciptakan sebuah karya batik dan motif - motif batik yang tidak jarang mengandung makna tertentu. Pada umumnya erat kaitanya dengan kehidupan sosial dan budaya daerah setempat.

Batik Jambi


Batik Jambi merupakan salah satu seni batik yang memiliki ciri tersendiri dan terdapat perbedaan dengan  corak batik yang berasal dari Jawa dan batik yang berasal dari tanah Liek yang berasal dari Sumatera.

Batik Jambi secara visual corak motif yang tampak dengan motif sederhana, dan sebagian besar banyak menggunakan motif flora atau tumbuhan. Sedangkan untuk motif satwa jarang dijumpai pada batik Jambi.

Keunikan corak dan motif batik daerah Jambi yang tidak dijumpai pada batik didaerah lainya adalah pola motif yang tidak berangkai dan pewarnaan yang lebih dominan warna merah yang dihasilkan dari buah rotan dan kayu secang. Dari segi pewarnaan batik Jambi dengan batik yang berasal dari tanah Liek terdapat perbedaan batik Tanah Liek dalam pewarnaan menggunakan rendaman tanah liat sehingga warna yang dihasilkan warna tanah.

Motif batik Jambi terkesan sederhana berupa ceplok atau motif batik berdiri sendiri dan mengandung makna filosofi. Contoh makna filosofi batik Jambi motif Kuao berhias, motif tampuk manggis dan masih banyak lagi motif batik yang sarat makna. 

Demikian ulasan artikel Keunikan Ragam Hias Batik Jambi Dalam Budaya Batik Nusantara. Dapatkan ulasan artikel tentang keunikan seni budaya daerah Jambi lainya dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel