Seni Kerajinan Ornamen Batik Pacitan Motif Pace Gong Pacitan

Seni Kerajinan Ornamen Batik Pacitan Motif Pace Gong Pacitan  - Pacitan merupakan daerah kabupaten yang terletak disebelah paling barat provinsi Jawa timur. Selain potensi alam yang banyak dikunjungi para wisatawan, daerah Pacitan terdapat jenis kesenian daerah yaitu seni kerajinan batik.

Kerajinan batik Pacitan merupakan salah satu perwujudan pelestarian budaya lokal yang mampu memberikan apresiasi terhadap para penggemar batik dan pecinta batik nusantara khususnya.

Batik yang terkenal dari daerah Pacitan yaitu batik Pace Gong. Pace Gong merupakan sebuah motif batik Jawa Timuran yang menggambarkan terisnpirasi dari alam yaitu tumbuh - tumbuhan khas dari daerah tersebut.

Seni Kerajinan Ornamen Batik Pacitan Motif Pace Gong Pacitan

Batik Pace Gong Pacitan juga sebagai wujud pelestarian nama buah yang menjadi asal mula nama Pacitan yaitu buah pace. Selain buah Pace sebagai buah yang dilestarikan sebagai buah memiliki sejarah sendiri terbentuknya nama Pacitan, buah Pace juga menjadi sumber ide motif ragam hias batik khas daerah Pacitan.

Terdapat beberapa jenis motif batik khas dari daerah tersebut selain motif batik Pace Gong atau mengkudu yaitu karang laut. Keindahan alam Pacitan telah menginspirasi para perancang batik dalam membuat ornamen batik Pacitan dengan simbol - simbol hayati.

Motif Pace Gong  yang tergambar pada selembar kain batik berupa  buah pace dengan ukuran besar yang menyerupai gong pada sekelompok musik tradisional gamelan digabung dengan motif kupu - kupu yang besar pula sehingga dinamai Pace Gong. Buah Pace yang besar - besar menjadikanya sebagai

Ditinjau dari segi warna yang digunakan dalam batik Pace Gong diantaranya hijau (GIB), kuning (IRRD) yang dikombinasi dengan Naptol merah B. Bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna sintetis.

Menurut sumber yang ada batik klasik Pacitan kini terancam punah selain pembatik yang telah berusia tua regenerasi yang belum menyamai hasilnya.

Demikian ulasan seputar Seni Kerajinan Ornamen Batik Pacitan Motif Pace Gong Pacitan, semoga dapat menambah pengetahuan tentang keberadaan batik sebagai warisan budaya yang tetap untuk dilestarikan.

Dapatkan ulasan menarik seputar kesenian daerah yang terdapat di Pacitan Jawa timur di situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel