Fungsi Karya Seni dan Tujuanya (Contoh - Contoh Fungsi Karya Seni)

Fungsi Karya Seni dan Tujuanya (Contoh - Contoh Fungsi Karya Seni) - Manusia memiliki kebutuhan yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan rohani selain untuk kebutuhan jasmani dan termasuk juga peran seni.

Karya seni yang ada pada umumnya dapat dinikmati dengan visual, diamati ataupun didengar dan dengan cara berapresiasi tersebut dapat menimbulkan kepuasan terhadap penikmat atau apresiator. Seni terbagi menjadi dua sosial dan fungsi individual selain sebagai pemenuh kebutuhan. Berikut ini dua kelompok fungsi seni. Baca Pengertian Seni dan Cabang Seni Serta Proses Penciptaan Seni.

Fungsi karya seni dan tujuanya (contoh - contoh fungsi karya seni)

Fungsi Individual 

perasaan yang ada pada manusia dapat diekspresikan sebagai ungkapan jiwa atau emosi dari pencipta dan mencerminkan segala sesuatu baik suka, duka, sedih marah, cita - cita, pikiran, perasaan serta pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan dan juga teknik yang tercerminkan melalui karya seni.

Perbedaan antara seniman dalam menciptakan karya seni merupakan hal yang wajar karena setiap seniman memiliki kemampuan tersendiri yang khas dan tentunya berbeda karena pengalaman estetis seniman yang berbeda yang melatarbelakangi dari penciptaan karya.

Sedangkan fungsi seni untuk individual dimaksudkan dengan mengedepankan seni yang merupakan sebagai alat ekspresi serta mencurahkan ide serta gagasan seseorang melalui sebuah karya dan karya seni tersebut bersifat pribadi. Selain itu, fungsi seni bagi manusia yang bersifat individual dapat dibedakan lagi menjadi dua yaitu:
  • Fisik sebagai pelengkap aktivitas atau yang dipakai langsung, hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan fisik manusia, contohnya perabot rumah tangga, alat komunikasi, tas dan sepatu.
  • Emosional Ekspresi seniman yang harus ada antara seniman sebagai penggubah  dan apresiator atau penikmat konsumen, contoh : patung, teater, drama, film, musik, novel dan lukisan.
Fungsi Sosial
Seni yang harus dinikmati publik sebagai karya yang mendasar pada masyarakat, karena seniman melalui karyanya memerlukan apresiator atau yang dimaksudkan adalah masyarakat untuk menilai dari karya seni yang dibuat. Karya seni berfungsi dalam bidang sosial sebagai berikut :
  • Pendidikan Berfungsi untuk menyampaikan pesan berupa visual atau audio dan mungkin keduanya, contoh seni dalam pendidikan seperti gambar ilustrasi, poster ilmiah dan foto juga film ilmiah.
  • Rekreasi Penciptaan karya yang mampu memberikan penyegaran serta pembaharuan dari kondisi yang ada, contoh konser musik, taman rekreasi, seni pertunjukan drama dan sebagainya.
  • Komunikasi Seni yang digunakan sebagai penghubung individu dengan masyarakat yang berupa anjuran, produk, perintah, larangan pesan dan sebagainya. Sedangkan tampilan tersebut dapat berupa, TV, Poster, reklame, internet, baliho serta radio.
  • Keagamaan atau religi merupakan sebagai kekhasan dari agama seperti gereja, masjid, arsitektur masjid, kaligrafi, candi, bentuk dekorasi rumah serta pakaian ibadah dan sebagainya.
Demikian Fungsi karya seni dan tujuanya (contoh - contoh fungsi karya seni) semoga  bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel