Persamaan Dan Perbedaan Rumpun Musik Barat dan Timur

Persamaan Dan Perbedaan Rumpun Musik Barat dan Timur - Telah ditemukan oleh para ahli dalam pembagian musik dengan menjadi dua rumpun musik yaitu rumpun musik Barat dan rumpun musik Timur.

Rumpun musik atau disebut juga musik mancanegara dari bumi belahan bagian barat berasal dari negara barat seperti negara Eropa. Sedangkan rumpun musik timur musik yang berasal dari belahan bumi bagian Timur seperti dari Asia atau Afrika.

Musik timur ini juga mencakup musik Nusantara dan berkaitan erat dengan tipologi yang terdapat dalam musik Timur. Dari kelompok kedua rumpun antara musik barat (Mancanegara) dan musik timur (Nusantara) terdapat perbedaan serta persamaan seperti berikut ini :

Contoh Musik Barat


Persamaan dan Perbedaan rumpun musik Barat dan Timur

Contoh Musik Timur
Persamaan dan Perbedaan rumpun musik Barat dan Timur

Persamaan Musik Barat Dan Musik Timur
  • Sebagai ungkapan ekspresi manusia sebagai suatu keindahan dengan menggunakan alat musik serta suara manusia, alat musik yang dimainkan seperti gamelan, sasando, gitar, piano dan sebagainya.
  • Fungsi musik dari kedua rumpun tersebut untuk keperluan yang sama misalnya : pengiring tarian, aktualisasi diri, sarana ritual (keagamaan), hiburan dan lain sebagainya. Sarana ritual musik barat contohnya yang terdapat dalam kegiatan gereja seperti musik gregrorian untuk upacara agama katolik. Sedangkan contoh musik timur untuk upacara ritual adalah musik Gong serta gendang dalam upacara penting yang terdapat di masyarakat manggarai.
Perbedaan Musik Barat Dan Musik Timur
  • Sistem nada yang digunakan kalau musik barat menggunakan sistem nada diatonis dengan susunan nada yang berdasarkan frekuensi yang tetap dan jarak nada yang sistematis dan nada - nada kromatis. Sedangkan musik timur menggunakan sistem tangga nada pentatonis dengan jarak nada tidak sama dalam satu oktaf sebagai contoh seperti musik India dalam 1 oktaf terdiri dari 22 sruti.
  • Berdasarkan sejarah musik barat dikelompokan dalam perkembangan musik barat dan zamanya serta gaya musiknya juga perkembangan musik yang cenderung berkembang berdasarkan teknik komposisi dan praktik dalam memainkan musik. Sedangkan musik timur hanya sebuah proses yang digunakan untuk sarana ritual atau hiburan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  • Berdasarkan karya yang dihasilkan musik barat diciptakan oleh seorang komponis sedangkan musik timur secara umum diciptakan secara kolektif dengan melalui memainkan musik atau secara kelompok.
  • Cara belajar musik barat dapat dilakukan umumnya dilakukan dari individu yang kemudian bergabung dalam sebuah kelompok. Sedangkan musik timur seperti alat musik gamelan yang terdiri kenong, gong, kendang dan sebagainya dapat dimainkan jika secara kelompok dan tidak terdapat alat musik harmonis.
  • Musik barat dalam permainan suatu musik menggunakan seorang konduktor atau dirigen sebagai pemandu permainan musik barat, sedangkan musik timur ditentukan oleh salah satu permainan alat musik misalnya dalam musik karawitan alat musik kendang dengan menggunakan dinamik pukulan kendang untuk menentukan ekspresi tertentu.
  • Musik barat pada umumnya mempresentasikan kehidupan banyak orang sehingga kehidupan musik barat lebih pesat sedangkan musik timur bersifat individual dan tidak terdapat kritikan sehingga kurang berkembang. 
Demikian Persamaan dan Perbedaan musik rumpun musik Barat dan Timur semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel