Apa Itu Apresiasi? Dan Bagaimana Cara Mengapresiasi Karya Seni Rupa

Apa Itu Apresiasi? Dan Bagaimana Cara Mengapresiasi Karya Seni Rupa - Kata Apresiasi dari bahasa Inggris "Appreciate" yang artinya penghargaan. Jadi yang dimaksud dengan apresisasi karya seni rupa adalah penghargaan terhadap karya seni rupa.

Langkah apresiasi sering dilakukan dengan cara pengamatan terlebih dahulu dan penghayatan, sehingga perolehan dan pencarian nilai atau penghargaan seseorang terhadap objek karya seni yang di amati.

Bagaimana Cara Mengapresiasi Seni Rupa?

Menentukan Kriteria yang baik
Menentukan kriteria yang baik meliputi :

Ide atau gagasan 
Hasil karya atau kerajinan harus diciptakan melalui dorongan banyak faktor dan merupakan juga hasil kreatifitas perenungan, pencarian, pemikiran, gagasan- gagasan yang baru, sehingga akan melahirkan sesuatu yang baru dan original.

Kreatifitas
Realisasi dari ide dan gagasan berbentuk kreatifitas. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk mengolah apa yang telah ada, misalnya alam untuk dijadikan sesuatu yang baru dan sifatnya sama sekali berbeda dengan hasil sebelumnya.

Apa Itu Apresiasi? Dan Bagaimana Cara Mengapresiasi Karya Seni Rupa

Gaya Perseorangan atau Ekspresi
Karya seseorang berbeda dengan karya orang lain. Hal ini disebabkan setiap orang mempunyai perbedaan interpretasi, pengalaman batin, perenungan pemahaman akan bahan, filosofi dan visi.

Teknik dan Reprosentasi
Yang dimaksud dengan teknik adalah cara seseorang mampu memilih dan mengolah bahan secara cepat dan tepat sehingga tercipta suatu karya yang benar - benar baik secara keseluruhan dan sebagainya.

Daya Guna Fungsi Untuk seni Kerajinan

Terpenuhinya fungsi sebagai suatu tujuan tercipta karya kerajinan. Sedangkan yang terkandung dalam pemenuhan unsur fungsi antara lain adalah aspek kenyamanan, tepat guna dan keawetan. Hal tersebut berbeda dengan karya seni rupa yang dapat berupa perasaan seperti, senang, indah, kagum, haru, sedih dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel