Mengeksplorasi Gerak Tari Ballet Dan Salsa (Olah Tubuh)

Mengeksplorasi Gerak Tari Ballet Dan Salsa (Olah Tubuh) - Seperti halnya seperti seni lainya seperti seni rupa, tetar dan musik. Seni tari juga memerlukan teknik serta latihan dan sangat erat kaitanya dengan oleh tubuh. Gerakan luwes, indah dan menarik diperlukan tubuh yang lentur.

Olah tubuh ini sangat mendukung seorang penari ketika mengekspresikan dirinya saat tampil di pentas, sehingga diperlukan olah tubuh yang berupa latihan gerakan- gerakan tubuh.

Berikut ini terdapat beberapa teknik tarian balet dan salsa:
  • Teknik Tari Balet
Balet merupakan salah satu teknik tarian. Sedangkan tari yang dikoreografi dengan teknik balet disebut tari balet. Seperti seni peran, teater dan seni musik juga merupakan unsur balet juga seperti orkestra atau nyanyian. 

Penampilan balet ini bagian dari sebuah opera, teknik balet ini antara lain : Pointe work, vituosonya, grand pas de deux juga teknik mengangkat kaki tinggi- tinggi.

Mengeksplorasi Gerak Tari Ballet Dan Salsa (Olah Tubuh)
Contoh Gerakan Olah Tubuh
Teknik anggar dengan teknik balet terdapat kesamaan karena keduanya berkembang dalam periode yang sama dan keduanya sangat dibutuhkan teknik keseimbangan serta pergerakan yang hampir sama.

Karya Balleti atau Balli ini adalah karya Domenico da Piacenza dan istilah ballo pertama kalinya digunakan, Balli atau balleti inilah yang kemudian dikenal menjadi tari ballet.
  • Teknik Tari Salsa
Sebanyak delapan ketukan tari ini di sajikan dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Irama iringan ballet rumit dan cepat dan pada umumnya sekitar 180 ketukan per menit.
Tidak terdapat peraturan yang baku pada tarian salsa, akan tetapi ada gerakan salsa yang dapat dikenali secara umum. Tarian ini juga tidak mengelilingi lantai hanya area tertentu saja. Dengan demikian tidak terdapat aturan yang baku untuk tari modern.

Gerakan tari modern ini juga berwujud gagasan seperti emosi, bercerita. berbeda dengan tarian tradisional karena terikat oleh nilai - nilai tradisi turun temurun. Sedangkan seni modern berdasarkan keindahan menurut penciptanya dan selalu berubah secara dinamis.

Terdapat tujuh gerakan yang tersusun dalam rangkaian tari modern barat, antara lain : naik, meregang, melentur, memutar, melompat, dan bergerak cepat. Sedangkan tari salsa tidak terdapat aturan baku.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel