Tari Balet Karya Tari Mancanegara

Tari Balet Karya Tari Mancanegara - Tarian mancanegara luar Asia beragam dan unik yang tentunya berbeda dengan tari di kawasan Asia. Sesuai dengan tuntutan zaman seni tari berkembang. Berikut ini jenis tarian mancanegara yang terdapat di luar Asia.

Balet 

Pertama kali balet berkembang di Italia dan selanjutnya di Prancis, yang merupakan kombinasi puisi, drama dan musik serta nyanyian juga tarian. Pemain balet pertama kali adalah para kaum bangsawan. 

Sekolah pertama tari balet adalah Academie Royale De Dance pada tahun 1661 dan ansambel diiringi oleh wanita. Selain puisi dan Opera abad 18 tari balet masih sering dilakukan dan terpisah dengan dialog dan menyanyi dan sebagai gantinya digunakan pelawak untuk menceritakan isi atau tema tari balet.

Pada periode sekitar tahun 1830- 1870 sebagai zaman romantis dalam tari balet dengan tema nyata dan tidak nyata. Penari balet wanita dengan gaun putih melukiskan peri yang disebut dengan tutus romantis.

Tari Balet Karya Tari Mancanegara

Cerita tari balet antara lain Don Quixote, The Nutracker, Swan lake, Le Corsaire dan The Sleeping Beauty. Sampai abad ke 20 Impresario Rusia Diaghlive merupakan pengiring instrumental tari balet Eropa Barat.

Tokoh terkemuka tari Balet adalah Diaghilev dan banyak berjasa dengan peluncuran karir seniman seperti Michel Folkine, Vaslav Nijinsky, Anna Pavlova dan George Balanchine. 

Eksplorasi gerak sebagai tanda ledakan inovasi terjadi pada abad 20. Pelopor tarian Modern antara lain : Mary Wigman, Isadora Duncan, Loie Fuller dan Ruth St. Denis. Sedangkan musik pengiringnya sebagai basis keserasian gerak tubuh.

Unsur - Unsur gerak tubuh tari balet yang merupakan keserasian gerak dikembangkan oleh Rudolf Steiner dan Lori Maier - Smits yang memunculkan gerak gabungan antara gerak tradisional dan gaya baru. Baca Eksplorasi gerak tari Balet.

Berikut ini tokoh tari balet yang terkenal
  • Penari Balet dari mancanegara : Anna Pavlova, Margot Fonteyn, Gisley Kirland, Ekaterina Makarova, Darcey Bussel, Silvie Guillem, Nina Ananiashvili, Svetlana Zakharova, Allesandra Ferri.
  • Perintis balet Indonesia : Maya Tamara, Nanny nastasia Lubis, Tanneke Burki, Vicky Burki, Ade Rayani.
  • Penari Balet di Indonesia : Jety Maika, Adella dan Aletta.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel