Perkembangan Seni Rupa Murni Mancanegara di Luar Asia (Seni rupa Mesir dan Eropa Klasik)

Perkembangan Seni Rupa Murni Mancanegara di Luar Asia (Seni rupa Mesir & Eropa Klasik) - Hingga sejarah seni rupa Eropa Modern perkembangan seni rupa murni mancanegara di luar Asia yang melalui seni rupa Timur purba.

Seni Rupa Mesir

Sejak 3400 SM Mesir adalah bangsa yang memiliki peninggalan kebudayaan tertua. Seni bangunan, seni patung, seni relief, seni lukis dan seni kriya merupakan bentuk seni rupa bangsa mesir.

Seni bangunan Mesir berupa bangunan piramida, canda dan mastaba. Fungsi bangunan mastaba adalah untuk menyimpan mumi dan candi digunakan untuk tempat pemujaan. Sedangkan Seni patung Mesir terbuat dari batu granit sebagai penggambaran Ramses, Achnaton, Amenhotep, Chefren dan Spinx.

Seni rupa seperti relief dan seni lukis Mesir juga banyak ditemukan di dinding kuburan dan peti mati. Untuk benda peninggalan lainya adalah seperti benda- banda kriya, perhiasan, tembikar dan mahkota.

Perkembangan Seni Rupa Murni Mancanegara di Luar Asia (Seni rupa Mesir & Eropa Klasik)
    Seni Rupa Eropa Klasik

    Diawali melalui seni rupa Yunani, Helenis, Romawi dan sampai abad pertengahan. peninggalan - peninggalanya adalah berupa seni bangunan, seni lukis, seni kriya dan patung.

    Seni rupa Yunani
    Seni bangunan dan seni kriya adalah seni yang berkembang di Yunani. bentuk bangunan di Yunani adalah bangunan megah dan sebagian besar berbentuk Istana. Sedangkan seni lukis Yunani adalah bercorak dekoratif serta objek alam. Patung Yunani terbuat dari kayu dan pualam.

    Seni rupa Romawi 
    Beberapa karya seni yang dihasilkan di Romawi antara lain seperti seni bangun, seni lukis, seni relief dan seni kriya. Peninggalan seni bangun berupa tempat pertunjukan dan tugu. Peninggalan seni kriya seperti benda - benda bejana, kerajinan logam, vas bunga.

    Perkembangan Seni Rupa Murni Mancanegara di Luar Asia (Seni rupa Mesir & Eropa Klasik)

    Seni Romawi adalah Hasil gabungan antara seni lukis mesir dan Yunani yang proses pembuatan dengan teknik karya seni mozaik. Seni patung merupakan peniruan gaya Yunani serta seni relief dan kebanyakan bertema sejarah.

    Seni Rupa Hellenis

    Terjadilah akulturasi kebudayaan antara Yunani, Mesir serta Persia (336-323SM). Kebudayaan Hellenis merupakan perpaduan antara kebudayaan yang berpusat di Kota Pergamon dan Rhodos. Patung Helleni bersifat realis.

    Seni rupa abad pertengahan

    Ilmu pengetahuan dan kesenian dimanfaatkan untuk kepentingan religi, dan pada masa ini kreativitas seniman tidak berkembang. Hal tersebut terjadi sejak bersatunya kembali daerah bekas kekuasaan kekaisaran Romawi Barat abad ke- 5.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel