Seni Patung Dan Instalasi (Seni Rupa Murni Indonesia)

Seni Patung Dan Instalasi (Seni Rupa Murni Indonesia) - Apa saja yang termasuk Seni Rupa Murni di Indonesia? Yang termasuk seni rupa murni antara lain : Seni lukis, seni grafis, seni patung dan juga seni keramik.

Berikutnya adalah seni patung yang juga merupakan cabang seni rupa yang karyanya berupa atau berwujud tiga dimensi. Cara pembuatanya dengan cara dipahat serta modeling atau cetakan. 

Perkembangan seni patung di Indonesia masih bercorak figuratif sampai tahun 1960 dan dianggap abstrak oleh masyarakat karena karyanya yang tidak dapat mudah dikenali pada pameran seni rupa tahun 1966.
Seni Patung Dan Instalasi (Seni Rupa Murni Indonesia)
Contoh Seni Patung
Seni Patung - patung gaya baru memiliki gaya yang lebih menonjol seperti garis - garis yang jelas serta bentuk - bentuk yang bebas mengalir dan jauh berbeda dengan bentuk patung figuratif yang lazim pada masa itu. 


Bentuk patung digolongkan menjadi dua diantaranya :


Bentuk Corak figuratif: Patung meniru bentuk seperti manusia, binatang.
Bentuk Coraka Nonfiguratif: bentuk patung yang abstrak

Tokoh pematung di Indonesia antara lain :

- Dolorosa Sinaga
- Edhi Sunarso
- Gregorius Sidharta
- I Nyoman Nuarta

Seni Instalasi
Seni Instalasi (Instalasi = pemasangan) diartikan sebuah karya seni yang memasang dan menyatukan serta mengonstrukis dari sejumlah benda yang dapat merujuk dari suatu konteks kesadaran makna tertentu, Misalnya karya makna yang dalam persoalan sosial politik yang diangkat di dalam konsep seni instalasi. 
Seni Patung Dan Instalasi (Seni Rupa Murni Indonesia)
Contoh Seni Instalasi

Berdasarkan konteks visual seni instalasi adalah perupaan dengan wujud tiga dimensi dengan perhitungan elemen seperti waktu, cahaya, suara, ruang, gerak dan interaksi atau spektator atau pengunjung pameran sebagai konsep akhir dari oleh rupa.

Perkembangan seni instalasi dimulai pada tahun 1970 dan seniman memulai karirnya pada tahun 1980 sebagai pelukis. Sedangkan seni instalasi untuk lebih dekat dengan rakyat serta dapat mengenali problem mereka.

Demikian ulasan terkait dengan Seni Patung Dan Instalasi (Seni Rupa Murni Indonesia), perkembangan seni patung, teknik pembuatan, tokoh - tokoh pematung dan perkembangan seni patung di Indonesia. 

Demikian ulasan Seni Patung Dan Instalasi (Seni Rupa Murni Indonesia). Dapatkan ulasan seputar seni patung yang berkembang di Indonesia dan seni budaya baik tradisional dan modern beserta makna dan nilai yang terkandung pada seni budaya Indonesia dan ragam ulasan seni mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel