Rahasia Luar Biasa Anyaman Khas Desa Arborek yang Orisinil Yang Tidak Banyak Diketahui

Rahasia Luar Biasa Anyaman Khas Desa Arborek yang Orisinil Yang Tidak Banyak Diketahui - Raja Ampat adalah kepulauan yang terkenal sangat Indah dengan berbagai panorama serta kekayaan alamnya serta masyarakat yang ramah dan bersahabat. Selain itu, pulau Raja Ampat ini memiliki berbagai kesenian yang membuat para pengunjung selalu berada di Raja Ampat.

Di Raja Ampat terdapat desa kecil dan sangat terkenal dan sebagai wisata unggulan di Raja Ampat, desa tersebut dinamakan desa Arborek yang asri serta sangat kental dengan nilai budaya. Anyaman daun Pandan adalah hasil kesenian yang terkenal dari desa Arborek.

Seni Anyaman yang yang terkenal di daerah Arborek ini adalah Topi dan anyaman ini mungkin agak berbeda dengan anyaman pada umumnya yang berupa, caping, tas dan juga tikar. Topi yang dihasilkan Arborek ini sangat khas dan tidak diragukan lagi. Banyak juga para wisatawan yang berkunjung ke Arborek untuk melihat pembuatan kerajinan tradisional terkenal ini.

Anyaman yang berasal dari daun pandan hutan ini telah selama dua belas tahun akan tetapi hasilnya sudah mengalami penyempurnaan. Anyaman daun pandan hutan Arborek ini memiliki warna yang beragam setelah melalui pemrosesan. Baca Nilai Estetis, Fungsi Dan Contoh Jenis - Jenis Anyaman.

Rahasia Luar Biasa Anyaman Khas Desa Arborek yang Orisinil Yang Tidak Banyak Diketahui

Cara Pembuatan daun Pandan ini awalnya memilih daun pandan yang berkualitas dan menghilangkan durinya kemudian direbus agar lebih lentur atau lemas. Ketika merebus digunakan bahan untuk mewarnai. Daun pandan ini dianyam setelah dijemur sampai kering dan warnanya sedikit memudar. 

Pewarnaan daun pandan ini pada jaman dahulu dengan bahan alami seperti warna merah dari daun mengkudu, dan kunyit untuk warna kuning, sedangkan warna hitam adalah daun pandan yang dikubur selama tiga hari di tanah. Kini pewarnaan daun pandan warga Arborek dengan pewarna buatan yang disebut dengan wantek, sehingga warnanya lebih tajam dan beragam.

Pengerjaan anyaman topi ini sangat berkaitan dengan kualitas yang dihasilkan dan butuh kesabaran dan ketelitian. Semakin tinggi tingkat anyaman dengan kerumitanya maka butuh waktu yang dibutuhkan. Nilai dibalik proses pembuatan anyaman menjadi sangat berharga.

Anyaman warga Arborek merupakan sumber penghasilan penduduk Arborek dengan berbagai tingkatan harga. Akan tetapi mahalnya harga kerajinan anyaman memang tidak sebandng dengan orisinalitas nilai budaya yang dhasilkan. Baca Rahasia Luar Biasa Patung Suku Asmat Papua.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel